LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK REINFORCEMENT UNTUK KEPERCAYAAN DIRI RENDAH SISWA KELAS VIII MTS DARUSSALAM

Authors

  • Laila Hanifa IKIP Siliwangi
  • Siti Fatimah IKIP Siliwangi
  • Tuti Alawiyah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i1.9089

Keywords:

Self Confidence, Reinforcement

Abstract

This study aims to describe group guidance services through the Reinforcement technique for students who have low self-confidence at Mts Darussalam. The research design used is descriptive qualitative research method. The subjects in the study were 4 students of class VIII at MTs Darussalam. Information assortment methods used are interviews, documentation and observation. The data analysis used is data collection, data reduction, presentation and conclusion drawing of data. The results of the research obtained from the research are group guidance services through the Reinforcement technique carried out to students who are indicated to have low self-confidence, student responses are very good to group guidance services through reinforcement technique. Obstacles faced by BK teachers when implementing services are inadequate facilities and infrastructure. Students experienced an increase in self-confidence after being given the Reinforcement technique group guidance service. Based on these results, group guidance services using the Reinforcement technique can be used as a reference for future researchers who will conduct research on the level of student confidence.

 

References

Amri, S.(2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka

Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu.

Jurnal pendidikan matematika Rafflesia. 3 (2).

Asri, N.L,dkk.(2014). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Positive

Reinforcement Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar Pada

Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Ejournal

Undiksha Jurusan Bimbingan Konseling. 2 (1).

Atieka, N., Pranoto, H.& Adinta, I. M.(2020). Bimbingan Kelompok MenggunakanTeknik Reinforcement Terhadap Kedisiplinan Mengerjakan Tugas

Peserta didik. Counseling Milenial. 2 (1).

Bandura, A.(1997). Social Learning Theory. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Komara, I. B.(2016). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar dan

Perencanaan Karir Siswa. PSIKOPEDAGOGIA. 5 (1).

Mayasari, D.(2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role

Playing Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan

Konseling. 4 (1).

Novtiar, C. & Aripin, U.(2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal

Prisma Universitas Surya Kencana. 5 (2).

Pranowo, T. A.& Prihastanti, A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Konseling. 2 (2).

Puspitasari, R. P. & Laksmiwati. H.(2012). Hubungan Konsep Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Diri Remaja Putus

Sekolah. Jurnal Psikologi: Teori & Terapan. 3 (1).

Putri, R. V. & Rosita, T.(2019) Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan

Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever.

Fokus. 2 (5).

Putri, P. I. & Widiastuti, A. A.(2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention

Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Dengan Pendekatan Reinforcement

Melalui Metode Bermain “ Bunchem”. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini. 3 (1).

Sahida, W.& Hadi, M. S.(2019) Pengaruh Teknik Reinforcement Terhadap Sikap

Mandiri Siswa SMP Negeri 1 BRANG ENE Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal

Realita. 4 (8).

Saputra, B., Hartuti, P. & Mishbahuddin, A.(2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Siswa SMA di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah BK. 1 (1).

Saputra, Y. W. A.(2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik

Reinforcement Positif Dan Self Management Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Belajar. Unima Jurnal. 12 (1).

Serikandi, B. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan

Bimbingan Kelompok Di Kelas XII-IIS-1 SMA Negeri 1 PUJUT. Jurnal PAEDAGOGI. 7 (2).

Susilaningsih, C. Y.(2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Berbantuan Media Film Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMAN 2 Mejayan Kabupaten Madiun. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian. 3 (1).

Downloads

Published

2023-01-15