Gambaran Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Reinforcement Untuk Siswa Yang Mempunyai Tingkat Kepercayaan Diri Yang Rendah Kelas VIII MTs Darussalam

Laila Hanifa(1*)

(1) IKIP Siliwangi Cimahi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mesdeskripsiksan layanan bimbingan kelompok melalui teknik Reinforcement untuk siswa yang memapunyai kepercayaan diri rendah di Mts Darussalam. Desain penelitian yang dipakai yaitu metode penelitian deskriftif kualitatif. Subjek yang terdapat di penelitian ini adalah berjumlah 4 siswa kelas VIII di MTs Darussalam. Metode untuk pengumpulan data didalam penelitian ini yaitu yang menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah koleksi data, reduksi data, penyajian serta penarikan kesimpulan data. Hasil dari penelitian yang diperoleh dari penelitian yaitu layanan bimbingan kelompok melalui teknik Reinforcement dilakukan kepada siswa yang terindikasi memiliki kepercayaan diri rendah, respon siswa sangat baik terhadap layanan bimbingan kelompok melalui teknik Reinforcement. Kendala yang dihadapi guru BK pada saat mengimpelemntasikan layanan yaitu mengenai sarana dan prasarana yang kurang memadai. Siswa mengalami peningkatan kepercayaan diri setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik Reinforcement. Berdasarkan hasil tersebut, layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik Reinforcement dapat dijadikan referensi untuk peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian mengenai tingkat kepercayaan diri siswa.


References


Andreanus,J. & Kurniawan,A.(2017). Sejarah, Teori Dasar dan Penerapan Reinforcement Learning:Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Tematik. 12 (2).

Amri, S.(2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka

TerhadapPrestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu.

Jurnal pendidikan matematika Rafflesia. 3 (2).

Asri, N.L,dkk.(2014). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Positive

Reinforcement Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar Pada

Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Ejournal

Undiksha Jurusan Bimbingan Konseling. 2 (1).

Atieka, N., Pranoto, H.& Adinta, I. M.(2020). Bimbingan Kelompok MenggunakanTeknik Reinforcement Terhadap Kedisiplinan Mengerjakan Tugas

Peserta didik. Counseling Milenial. 2 (1).

Bandura, A.(1997). Social Learning Theory. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Komara, I. B.(2016). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar dan

Perencanaan Karir Siswa. PSIKOPEDAGOGIA. 5 (1).

Mayasari, D.(2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role

Playing Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan

Konseling. 4 (1).

Novtiar, C. & Aripin, U.(2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal

Prisma Universitas Surya Kencana. 5 (2).

Pranowo, T. A.& Prihastanti, A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Konseling. 2 (2).

Puspitasari, R. P. & Laksmiwati. H.(2012). Hubungan Konsep Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Diri Remaja Putus

Sekolah. Jurnal Psikologi: Teori & Terapan. 3 (1).

Putri, R. V. & Rosita, T.(2019) Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan

Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever.

Fokus. 2 (5).

Putri, P. I. & Widiastuti, A. A.(2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention

Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Dengan Pendekatan Reinforcement

Melalui Metode Bermain “ Bunchem”. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini. 3 (1).

Sahida, W.& Hadi, M. S.(2019) Pengaruh Teknik Reinforcement Terhadap Sikap

Mandiri Siswa SMP Negeri 1 BRANG ENE Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal

Realita. 4 (8).

Saputra, B., Hartuti, P. & Mishbahuddin, A.(2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Siswa SMA di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah BK. 1 (1).

Saputra, Y. W. A.(2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik

Reinforcement Positif Dan Self Management Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Belajar. Unima Jurnal. 12 (1).

Serikandi, B. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan

Bimbingan Kelompok Di Kelas XII-IIS-1 SMA Negeri 1 PUJUT. Jurnal PAEDAGOGI. 7 (2).

Suhardita, K.(2011). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Edisi Khusus. 1.

Susilaningsih, C. Y.(2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Berbantuan Media Film Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMAN 2 Mejayan Kabupaten Madiun. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian. 3 (1).

Watik, T. A. & Reza, M.(2015). Pemberian Reinforcement Positive Untuk

Meningkatkan Percaya Diri Anak Kelompok B. Paud Teratai. 4 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/fokus.v1i1.9089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
free hit counter View My Stats