Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Secara Daring untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa SMA Kelas X

rahayu tresnasari(1*)

(1) IKIP SILIWANGI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penyesuaian diri siswa SMA yakni suatu proses/usaha yang dilakukan individu dalam menghadapi lingkungan baru, teman baru, guru baru dengan tujuan dapat diterima oleh orang lain seperti dilingkungan sekolah sebelumnya (SMP). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Secara Daring untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa ini salah satu upaya yang dilakukan guru BK terhadap siswanya yang memiliki permasalahan terkait penyesuaian diri pada masa pandemi covid-19 ini. Imbasnya seluruh siswa diwajibkan mengikuti semua kegiatan belajar secara daring (dalam jaringan). Tujuan diadakannya layanan teknik diskusi ini siswa diharapkan dapat memecahkan permasalahan dan mendapatkan solusinya terkait penyesuaian diri dibantu guru BK, dan siswa lain, salah satunya dengan berdiskusi, tanya jawab, melalui Whatsapp Group. Metode yang digunakan peneliti yakni kualitatif deskriptif, peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini siswa merasa terbantu dan dapat beradaptasi dengan baik, sehingga proses layanan yang diadakan di SMAN 1 Cipongkor dapat terlaksana dengan lancar.


Kata Kunci: Penyesuaian diri, Siswa, Teknik Diskusi.


References


REFERENSI

Ahyani, L. N. Kumalasari, F. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Penelitian. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Ali, M, Asrori. (2015). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Handono, O, & Bashori, K. (2013). Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Lingkungan Pada Santri Baru. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(2), 79-89.

Mahmudi, M. H, Suroso. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial, dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Jurnal Psikologi Indonesia.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasih, A. M. Kholidah, L. N. (2013). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, cet ke-2. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ulfah. (2011). Program Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Keragaman Budaya (tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/fokus.v1i1.9285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
free hit counter View My Stats