IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHDAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS USWATUN HASANAH PADALARANG

Rival Fauzan Izzul Haq(1*)

(1) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Self-management Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di MTs Uswatun Hasanah Padalarang. Metode penelitian yang digunakan deskriftif kualitatif, subjek dalam penelian ini adalah empat orang peserta didik kelas VII di Mts Uswatun Hasanah, instrument penelitian ini menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi dan menggunakan triangulasi data yaitu reduksi data, penyajian, dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok melalui teknik self-management terhadap kedisiplinan siswa terbukti efektif. Respon siswa terhadap layanan bimbingan kelompok melalui teknik self-management terhadap kedisiplinan peserta didik yang dilakukan oleh peneliti yaitu memberikan respon positif, yang berarti peserta didik tertarik dan senang melaksanakan layanan bimbingan kelompok bersama guru BK dan juga peneliti.

 

 

Kata Kunci: bimbingan kelompok, self-management, kedisiplinan


References


Adam Ahmad. (2021). penggunaan teknik self-management dalam bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMP negeri 24 Surabaya. Jurnal bimbingan dan konseling vol 38 (2)

Amaliyah. (2018). layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku siswa membolos di SMPN 29 banjarmasin. Jurnal bimbingan dan konseling vol. 4 (1)

Annisa nurul. (2019). efektivitas teknik self-management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal bimbingan konseling vol 2 (1)

Arianto, dwi agung nugroho. (2013). Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia, 9(2), 191–200. https://doi.org/10.21831/economia.v9i2.1809

Gunarsa, D dan Gunarsa,. 1989. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia

Isnaini, T.( 2015). Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar,” Jurnal Penelitian Humaniora. vol 16 (2)

Julia wijayanti. (2020). bimbingan kelompok teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan. Jurnal bimbingan dan konseling vol 3 (1)

Komalasari, Gantina, Eka Wahyuni, dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling.

Ratna, Lilis. Teknik-teknik Konseling. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2013.

Moleong, L.J. 2010. Metodologi penelitian kualitatif, bandung: remaja rosda karya

Mutiaroh,muis. 2020. Penerapan penerapan strategi self-management dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik. prosiding seminar & lokakarya nasional bimbingan dan konseling

Regina sundanis.(2018). efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management unutk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VII SMP 22 medan. Jurnal bimbingan dan konseling vol 15 (2)

Retong, M. L. (2019). peningkatan kedisiplin siswa melalui layanan bimbingan kelompok: studi di kelas xi sma negeri 1 maumere martha loran retong. Jurnal bimbingan dan konseling 10(1), 331–342.

Sukardi dan Kusumawati. 2008. Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. vol 4 (2)

Tika Nurhayati. (2021). layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management terhadap kedisiplinan. Jurnal bimbingan dan konseling. vol 4 (3)




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/fokus.v1i1.9416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
free hit counter View My Stats