ANALISIS STILISTIKA DALAM PUISI SAJAK DOA ORANG LAPAR KARYA WS RENDRA

Authors

  • Topan Adiningrat Ikip Siliwangi
  • Teti Sobari IKIP Siliwangi
  • Woro Wuryani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v5i1.10129

Keywords:

Gaya Bahasa, Stilistika, Puisi, Pembelajaran Sastra

Abstract

Penelian ini bertujuan mendeskripsikan gaya bahasa dan pembentukan kata dengan pendekatan stilistika pada puisi Sajak Doa Orang Lapar Karya WS Rendra untuk menemukan gaya bahasa yang terkandung dalam karya sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode deskriptif  kualitatif  dengan  teknik  analisis  isi. Berdasarkan analisis pendekatan stilistika yang telah dilakukan sebagai dasar kajian teori. Stilistika adalah ilmu pemanfaatan gaya bahasa di dalam karya sastra.  Penulis berusaha mendeskripsikan gaya bahasa perbandingan dan penegasan pada kumpulan puisi Sajak Doa Orang lapar karya WS Rendra.  Hasil  penelitian ini terdapat gaya bahasa perbandingan jenis hiperbola, repetisi dan metafora. Serta gaya bahasa penegasan jenis pleonasme,  paralelisme dan asosiasi. Dalam kajian puisi Sajak Doa Orang lapar karya WS Rendra yang  menonjolkan berbagai  aspek  pembentukan  kata  yang  kuat  dan  tak  terduga. Sikap WS Rendra yang  kritis memberi  gambaran tentang situasi kehidupan orang miskin yang kelaparan. Makna yang terkandung mampu  menyampaikan  pesan  secara tidak  langsung  kepada  pembaca bagaimana  sikap  dan  perilaku  ketika kelaparan melanda seperti burung gagak yang licik dan hitam mencabik mangsa. 

Author Biography

Topan Adiningrat, Ikip Siliwangi

Program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia

References

Agustin, Inamas Firdausi. 2018. “Analisis Stilistika Dalam Kumpulan Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono Dan Relevansi Sebagai Pembelajaran Di Sma.â€

Endraswara, Suwardi. 2011. Metodelogi Penelitian Sastra. Yogjakarta: CAPS.

Fransori, Arinah. 2017. “Analisis Stilistika Pada Puisi Kepada Peminta-Minta Karya Chairil Anwar.†Deiksis 9(01):1. doi: 10.30998/deiksis.v9i01.884.

Kosasih, E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Moleong, L. .. 2018. “Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.†Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, Enung. 2019. Cipta Kreatif Karya Sastra. Bandung: Yrama Widya.

Ratna, Nyoman Khuta. 2011. Stilistika, Kajian Puitika Bahasa, Dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, Riski Sulistiarini. 2016. “Kajian Stilistika Dalam Sastra Puisi.†Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (April):5–24.

Umami, Sahrul, dan Puji Anto. 2020. “Gaya Bahasa Perbandingan Pada Kumpulan Puisi Dalam Pembelajaran Sastra Di Sma.†El-Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 03(April):14–26.

Wallace, B. Y. Terry C., Aaron Velasco, and Lay. 2016. “KAJIAN STILISTIKA MELODI PEMBEBASAN KATA KARYA ES TANIS DAN RD PURWITA SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH.†Bulletin of the Seismological Society of America 106(1):6465–89.

Ws Rendra. 1995. Sajak-Sajak Sepatu Tua. Bandung: Pustaka Jaya.

Downloads

Published

2022-01-06