DESKRIPSI HASIL KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS X MAN KOTA CIMAHI

Authors

  • Asni Ananda Perdana IKIP Siliwangi
  • Wikanengsih Wikanengsih IKIP Siliwangi
  • Yesi Maylani Kartiwi IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v5i1.10596

Keywords:

Write, negotiation text, STAD Method

Abstract

Pada saat pembelajaran menulis, banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menuangkan ide dan menggunakan bahasa dalam tulisannya. Selain itu, guru masih menggunakan metode tradisional sehingga siswa kurang termotivasi selama kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model Student Team Achievement Division dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Penelitian berikut bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi memakai model Student Team Achievement Division. Penelitian berikut menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan hasil analisis mendalam dari seorang peneliti. Penelitian ini mengambil sampel dari 25 siswa kelas X IPS 2 MAN Kota Cimahi. Hasil kemampuan siswa menulis teks negosiasi dalam penelitian ini adalah 12% dari 25 siswa memperoleh skor tertinggi dan masuk ke dalam kategori sangat baik. Selanjutnya, 72% dari 25 siswa memperoleh skor ke dalam kategori baik, sedangkan siswa lainnya memperoleh skor ke dalam kategori cukup dengan presentase sebesar 16%. Kemampuan siswa kelas X IPS 2 meraih total skor sebanyak 2028 dengan rata-rata 81,12% dan dikategorikan baik. Maka, model Student Team Achievement Division efektif dan cocok digunakan pada proses pembelajaran menulis teks negosiasi.

References

Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Semantik, 7(1), 1-13. https://doi.org/10.22460/semantik.vXiX.XXX

Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press.

Farhan, A., Martha, I. N., & Putrayasa, I. B. (2018). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Teks Negosiasi dengan Menggunakan Metode Karyawisata Kelas X IPA 1 MAN 1 Buleleng. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20615

Herman Sudarwanto. (2018). Penerapan Student Team Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi di SMK Kabupaten Wonogiri (Studi Evaluasi). Stilistika, 4(1), 5-24.

Komalasari, E., Wikanengsih, & Ismayani, M. (2021). Deskripsi Hasil Menulis Teks Ulasan dalam Pembelajaran Daring dengan MEnggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions, 4, 229-236.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Shoimin, A. (2017). Metode Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suriani, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VIII A MTS Negeri 4 Palu, 5(3), 108-121.

Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan Motode Discovery Learning Pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(5), 713-720.

Yaqin, M. A. (2021). Penerapan Model Student Team Achievement Division Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII MTS N 1 Pati Tahun Pelajaran 2018/2019, 9(September), 15-24.

Downloads

Published

2022-01-06