ANALISIS MAJAS PADA LIRIK LAGU "TUHAN SEBUT SIA-SIA" KARYA AMIGDALA

Authors

  • Kinanti Habib Desripara IKIP SILIWANGI Cimahi
  • Teti Sobari IKIP SILIWANGI Cimahi
  • Dede Abdurrokhman IKIP SILIWANGI Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v5i1.10601

Keywords:

Language, Majas, Song Lyrics, Amigdala

Abstract

Bahasa merupakan salah satu identitas terpenting dari suatu negara. Karena, bahasa sebagai alat untuk berinteraksi dengan masyarakat. Salah satu bagian dari bahasa yaitu majas. Majas merupakan cara untuk menampilkan atau mengungkapkan diri dalam Bahasa. Majas sering dipakai pada pembuatan karya sastra, seperti puisi, cerpen, naskah, serta novel. Namun, bukan berarti majas dalam kehidupan sehari-hari tidak terpakai. Masyarakat tetap memakainya, tetapi majas lebih sering digunakan untuk remaja Indie  serta pembuatan karya sastra. Dengan pengertian yang telah disampaikan, penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap majas yang terdapat dalam lirik lagu “Tuhan sebut sia-sia†karya Amigdala. Tujuan dari penelitian yang akan dibahas adalah untuk memahami dan mengetahui  majas yang terdapat pada lirik lagu. Penulisan lirik lagu selalu disampaikan dengan gaya Bahasa yang menarik, serta mengandung makna yang indah. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu suatu metode yang sangat efektif bertujuan dapat mendeskripsikan atau menggambarkan suatu fenomena yang ada, baik fenoma alamiah atau fenomena hasil rekayasa, serta menggunakan analisis kajian Stilistika yaitu ilmu yang meneliti gaya Bahasa, analisis makna yang terdapat didalam karya sastra. Dengan menggunakan kajian stilistika, peneliti berusaha untuk mendeskripsikan majas yang terdapat didalam lirik lagu. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah setiap bait lirik lagu pasti tersimpan makna dan majas tertentu, seperti majas simili, majas metafora, serta majas hiperbola.

Author Biographies

Kinanti Habib Desripara, IKIP SILIWANGI Cimahi

Program Bahasa dan Sastra Indonesia

Teti Sobari, IKIP SILIWANGI Cimahi

Dosen Pembimbing 1

Dede Abdurrokhman, IKIP SILIWANGI Cimahi

Dosen Pembimbing 2

References

Aisah, S. (2010). Metafora dalam lagu Iwan Fals yang bertemakan kritik sosial. Skripsi

Pascasarjana pada Universitas Indonesia: tidak diterbitkan.

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan Pemasaran UMKM

(Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). Dutacom, 9(1), 43-43.

Erowati, Mualim. (2015). Perbandingan Gaya Bahasa pada Puisi “Ibu‟ Karya Mustofa Bisti

dengan Lirik Lagu “Keramat‟ Karya Rhoma Irama. Jurnal bahasa, sastra dan

pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 2 (2), 171-193

Lafamane, F. (2020). Kajian stilistika (Komponen Kajian Stilistika). OSF Preprint. doi:

31219/osf.io/5qjm4.

Lafamane, F. (2020). Majas simile dalam novel azab dan sengsara karya Merari Siregar. OSF

Preprints. July 30. doi:10.31219/osf.io/d9h3s.

Nadiah, S. (2020). Majas hiperbola, sarkasme, dan personifikasi dalam lirik lagu album slank

kissme karya slank dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa indonesia di

SMA. Disertasi. Universitas Pancasakti Tegal.

Sapdiani, R., Maesaroh, I., Pirmansyah, P., & Firmansyah, D. (2018). Analisis Struktural dan

Nilai Moral dalam Cerpen “Kembang Gunung Kapur” Karya Hasta Indriyana. Parole

(Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 101–114.

https://doi.org/10.22460/P.V1I2P101-114.79

Septiaji, A. (2017). Konflik Sosial dalam Antologi Puisi Esai: Serat Kembang Raya Karya

Fatin Hamama, dkk (Tinjauan Sosiologi Sastra). Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra

Indonesia, 8(1)

Siswanto. (2008). Pengantar teori sastra. Jakarta: Grasindo.

Sugiyo, S. (2021). Majas dan Citraan Cerpen “Langit Menganga” Karya Danarto (Kajian

Stilistika). Jurnal Sasindo UNPAM, 9(2).

Uli, I., Wiguna, M. Z., & Agustina, R. (2016). Analisis Gaya Bahasa pada Lirik Lagu Daerah

Pontianak dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Puisi di SMA.

Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(1), 100-115.

Windayanto, R. N. A. (2021). Komparasi Muatan Gaya Bahasa dalam Iklan MinumanKemasan

Siap Minum: Kajian Stilistika. Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(3), 230-249.

Downloads

Published

2022-01-06