ANALISIS PESAN YANG TERKANDUNG DALAM PUISI "ASA YANG TAK TERBILANG" KARYA SITI SUHARNI SIMAMORA S

Authors

  • Fitri Nitami IKIP Siliwangi
  • Wikanengsih IKIP Siliwangi
  • Enung Nurhayati IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v5i2.10667

Keywords:

Analysis, Message, Poetry

Abstract

Puisi merupakan sebuah karya tulisan yang mengandung amanat atau pesan didalamnya, pesan yang disampaikan dalam sebuah puisi memiliki makna yang dapat diambil hikmahnya. Sehingga perlu dilakukan analisis pesan yang terkadung pada puisi secara mendalam, agar dapat ditemukan hal yang dapat dipetik untuk memaknai kehidupan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa pesan atau amanat yang terkandung dalam puisi asa yang tak terbilang? Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan amanat atau pesan yang terkandung pada puisi tersebut. analisis pesan yang terkandung dalam puisi “asa tak terbilang†penting untuk diteliti agar menemukan pesan yang disampaikan oleh penyair dalam puisi tersebut. penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang mana hasil penelitian dideskripsikan dengan menyimpulkan isi pesan  yang terkandung dalam puisi. Teknik atau cara analisis data dalam penelitian ini yaitu membaca isi puisi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hasil kesimpulan bahwa pesan yang terkandung didalam puisi “asa yang Tak Terbilang†Karya Siti Suharni Simamora yaitu, sekeras apapun kehidupan dan seberapa banyak impian yang dicita-citakan, jangan pernah berhenti untuk menjalani dan menggapainya sehingga dapat menyelesaikan ribuan asa yang tak terbilang dan tidak berputus asa.

References

Hasibuan, S., & Ilyas, S. B. N. (2021). Pesan Moral dalam Puisi Lastu Mitsla Al-Nasi Karya Faruq Juwaidah (Analisis Konten). 1(2), 38-55.

Komara, A. H., Purwasih, T., & Aeni, E. S. (2019). Analisis Struktur Batin Puisi Di Toilet Istana Karya Radhar Panca Dahana. Jurnal Parole, 2(4), 543-550. https://docplayer.info/154178829-Analisis-struktur-batin-puisi-di-toilet-istana-karya-radhar-panca-dahana.html

Nurjanah, E., Lestari, S., & Firmansyah, D. (2018). Tinjauan Semiotika Puisi Ibu Indonesia Karya Sukmawati Soekarnoputri. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(3), 283-290.

Prasetiyo, T. I. (2021). Analisis Unsur Batin Puisi Menurut I.A Richards dalam Antologi Puisi Karya A. Mustofa Bisri dan Implikasinya dalam Pembelajaran Menulis Puisi Kelas X SMK. 605-612.

Pratiwi, A. I., Mustika, I., & Permana, I. (2020). Analisis Struktur Batin Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono. 3(3), 203-209.

Saputri, D., Effendi, D. I., & Hariadi, J. (2021). Analisis Amanat dalam Antologi Puisi Merengkuh Asa. 2(1), 19-24.

Timur, A. J. L. P. (2021). Analisis Struktur Batin dalam Pesan Puisi HUJA Karya Achlaluddin Ibnu Rochim. 01(02), 43-46.

Downloads

Published

2022-03-11