PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI NEARPOD PADA MATERI MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 1 BATUJAJAR

Mita Nurmiati(1*), Wikanengsih Wikanengsih(2), Aditya Permana(3)

(1) IKIP SILIWANGI
(2) IKIP Siliwangi
(3) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi nearpod pada materi menulis teks biografi siswa kelas X SMAN 1 Batujajar. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi nearpod pada materi menulis teks biografi berhasil menarik perhatian siswa dan aplikasi nearpod ini menjadi media pembelajaran yang efektif diterapkan pada pembelajaran jarak jauh. Selain itu, aplikasi nearpod dapat membentu siswa dalam mengembangkan ide sehingga siswa mampu dan terampil dalam menulis teks biografi. Siswa menjadi sangat antusias mempelajari teks biografi menggunakan aplikasi nearpod karena terdapat banyak fitur yang digunakan dan menarik perhatian siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, karena penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan suatu objek dan menjelaskan hal-hal yang terkait dengan fakta melalui pengumpulan data. Peneliti akan menjelaskan secara deskriptif tentang bagaimana penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi nearpod pada materi menulis teks biografi siswa kelas X SMAN 1 Batujajar dan bagaimana respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi nearpod. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer, yakni  data yang didapat dari sumber pertama berdasarkan hasil pengamatan, catatan (penelitian) lapangan, dan respon siswa menggunakan angket. Subjek penelitian ini adalah tiga puluh empat siswa dari kelas X SMAN 1 Batujajar.


Keywords


Media Pembelajaran, Teks Biografi, Aplikasi Nearpod

References


Danizar Arwudarachman, W. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 237.

Dermawan, C. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat). Jakarta: Kencana.

Erna Ernawati, R. F. (2019). Keefektifan Penggunaan Metode Think Talk Write dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Cimahi. Parole, 467.

fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 35-36.

Icha Biassari, K. E. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. Semdikjar, 64-65.

Kemendikbud. (2018). Bahasa Indonesia. Klaten: PT. Intan Perwira.

Kosasih. (2014). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Nurhamidah, D. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Nearpod dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Pena Literasi, 81.

Nurrita, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Mlsykat, 171.

Permana, H. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Parole, 434.

Sari, S. D. (2015). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information and Communication Technology) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Workshop Nasional (p. 118). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Setyami, A. R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Sastra Bagi Guru Bahasa Indonesia. Retorika, Kalimantan Utara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherli. (2016). Bahasa Indonesia. Klaten: PT. Intan Perwira.

Susilo, S. V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendas, 110.

Triyadi, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Unsika, 232.

Ulvi Aulia, M. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Nearpod Pada Subtema 6 Perubahan Energi Kelas. Jurnal Muassis, 56.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/p.v5i2p%25p.11389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is published by IKIP Siliwangi Bandung, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: parole@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: PAROLE 

 

PAROLE by http://journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/parole is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

p-ISSN: 2614-624X

e-ISSN: 2614-6231

 

 

View My Stats