KEEFEKTIVAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA

Authors

  • Inna Arsytania IKIP SILIWANGI
  • Indra Permana IKIP Siliwangi
  • Yeni Rostikawati IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v7i1.11747

Abstract

Penelitian..ini..dilatar..belakangi..oleh data observasi dari..lapangan pada siswa kelas X SMA terkait dengan keterampilan menulis  biografi yang  sangat lemah. Hal ini didasari oleh kurangnya penerapan  metode pembelajaran. Sedangkan siswa masih  kesulitan mengungkapkan ide atau gagasan untuk menulis paragraf biografi sejak awal. Berdasarkan hasil deskriptif, peneliti menerapkan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran model Project Based Learning siswa SMA, dengan harapan siswa mampu mencapai hasil yang baik dan  kreatif. Tujuan peneliti adalah untuk mengeksplorasi proses siswa dalam menggunakan model pembelajaran yang berbasis proyek dan untuk mengeksplorasi hasil belajar menulis  biografi dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning. Peneliti juga menggunakan model penelitian dengan menyediakan sarana deskriptif kualitatif yang menggambarkan hasil penelitian mereka dengan membandingkan dengan skor yang mereka peroleh. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari prestasi akademik siswa dalam menulis teks biografi terdapat 4 siswa dengan nilai tertinggi dan 26 siswa lainnya dengan nilai memuaskan. Rerata seluruh siswa adalah 85. Berdasarkan hal tersebut peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning dalam pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas X bisa dikatakan efektiv dalam pembelajaran.

References

Kosasih, E., & Kurniawan, E. (2018). Jenis-Jenis Teks Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya .

Mandasari, Wella. A; Atmazaki; Noveria, E. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedu. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6 (2)(September), 401–408.

Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning Dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswasmp. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 33–37.

Mustika, I. (2017). Sikap Profesional Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 47–54.

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.

Rahayu, E. S., Nurjanah, S., Rostikawati, Y., & Siliwangi, I. (2019). Penerapan Metode Jigsaw Pada Pembelajaran Menulis Teks Biografi Siswa SMA. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(5), 751–760.

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36

Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166–183. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.104

Sarimanah , E., & Nashir, M. A. (2017). Meningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Penerapan Metode Quantum (Tandur) pada Siswa Kelas X SMA Yayasan Purwa Bhakti Ciawi Bogor

Setiawan, S., Sudrajat, R. T., & Sukawati, S. (2020). Analisis Unsur Batin Dalam Puisi “Kontemplasi” Karya Ika Mustika. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(3), 313–320.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Uliana, I., Dananjaya , H. F., & Primandhika, R. B. (2019). Penerapan Metode Think Talk Write Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 495-500.

Wati , E. I., Ilyas , M., & Sulistyowati, E. D. (2017). Pengembangan Media Mobile Learning Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas X SMK. Jurnal Ilmu Budaya , 291-304 .

Yance, R. D., Ramli, E., & Mufit, F. (2013). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. 1(April), 48–54.

Downloads

Published

2024-01-30