ANALISIS SEMIOTIKA PUISI “FATAMORGANA” KARYA PRILLY LATUCONSINA

Authors

  • Nur Annisa IKIP Siliwangi
  • Teti Sobari IKIP Siliwangi
  • Woro Wuryani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v5i4.11962

Keywords:

Semiotic, analyzed, poetry

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu peneliti serta ketertarikan peneliti untuk menganalisis makna tersirat dan tersurat dari tanda-tanda yang terdapat dalam puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna puisi yang berjudul “Fatamorgana†karya Prilly Latuconsina, dengan menggunakan pendekatan semiotika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang menjelaskan serta mengambarkan hasil analisis puisi berdasarkan data yang diperoleh. Dalam puisi pasti terdapat beberapa penanda, simbol, dan isyarat baik berupa makna yang perlu diartikan sendiri oleh pembacanya maupun yang tidak perlu diartikan oleh pembacanya. Bidang kajian yang menelaah hal tersebut yaitu semiotika. Semiotika merupakan analisis tanda, simbol, dan isyarat yang terdapat dalam sebuah karya sastra. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku antologi puisi “5 detik dan rasa rindu†karya Prilly Latuconsina. Penelitian ini berfokus pada pembahasan mengenai tanda yang muncul pada puisi “fatamorgana†dan kemudian dianalisis, sehingga dapat memperlihatkan tanda yang mempresentasikan makna dari puisi tersebut. Puisi berjudul “Fatamorgana†karya Prilly Latuconsina ini juga erat kaitan maknanya dengan percintaan. dalam puisi berjudul “Fatamorgana†karya Prilly Latuconsina dapat disimpulkan bahwa puisi tersebut mengandung makna yang tersirat yang diberi tanda dan petanda, diantaranya simbol, ikon, indeks yang menjadi paduan sebuah makna yang sangat unik.

Author Biography

Nur Annisa, IKIP Siliwangi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Arifin, M. S., Saputro, E. P., & Sobari, T. (2019). Gaya Bahasa dan Pesan-pesan pada Lirik Lagu Efek Rumah Kaca Berjudul “Merah.” Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–8.

Isnaini, H. (2017). Analisis Semiotika Sajak Tuan• Karya Sapardi Djoko Damono. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1. https://doi.org/10.33603/deiksis.v4i2.638

Lafamane, F. (2020). Puisi, Prosa, Drama. OSF Preprints.

Latuconsina, prilly. (2017). 5 Detik dan Rasa Rindu (Fuad Jauharudin (ed.). The Panas dalam Publishing.

Mimin, Wikanengsih, & Permana, A. (2021). Analisis Makna Diksi Lirik Lagu “Satu” Milik Dewa 19 dengan Menggunakan Pendekatan Semiotik. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 315–322.

Mubarok, A. (2019). Jurnal Akademika. ISSN: 2622-9293 Vol. 1 No. 1 Juni 2019, 1(3), 17–34.

Pradopo, Djoko, R. (2018). Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University Press.

Ramdani, E., Martian, V., & Wuryani, W. (2018). Analisis makna yang terkandung dalam puisi Wiji Thukul Yang Berjudul “ Peringatan ”. parole: jurnal pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(September), 761–766.

Rosdiana, R., Fitria, R., & Rosi. (2018). Analsisis Semiotika Amanat dalam Film "Assalamualaikum Beijing. Karya Asma Nadia, 631, 631–636.

Sobirin, R. M., Sobari, T., & Wuryani, W. (2021). Analisis Makna Pada Puisi “Aku Ingin” Karya Sapardi Djoko Damono Menggunakan Pendekatan Semiotika. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 4(1), 87–92.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-07-30