ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM PENULISAN GELAR AKADEMIK DOSEN PADA LAMAN WEBSITE KAMPUS PSDKU UNPATTI KABUPATEN KEPULAUN ARU

Authors

  • george maikel sefnat Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v6i3.14936

Keywords:

Tanda baca, Penulisan Gelar, Laman Website

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya bentuk kesalahan penggunaan tanda baca titik (.) dan tanda baca koma (,) dalam penulisan gelar akademik dosen pada laman website https://psdku.unpatti.ac.id. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis bentuk kesalahan penggunaan tanda baca titik (.) dan koma (,) dalam penulisan gelar akademik dosen, sekaligus melakukan proses perbaikan terhadap bentuk kesalahan penulisan gelar akademik dosen sesuai dengan aturan yang sebenarnya. Metode penelitian yang digunakan, yaitu deskripsi kualitatif dengan peneliti bertindak secara langsung (human instrumen) sebagai pengumpul data, menganalisis data, dan sekaligus menarik kesimpulan. Teknik analisis data diawali dengan teknik simak dan teknik catat bentuk kesalahan penulisan tanda baca titik (.) dan koma (,) pada penulisan gelar akademik yang tertera pada kolom profil dosen. Adapun subjek penelitian sebanyak 10 orang dosen. Berdasarkan hasil penelitian menemukan sejumlah kesalahan penggunaan tanda baca, diantaranya 18 kesalahan penggunaan tanda baca titik (.) dan 2 kesalahan penggunaan tanda baca koma (,) yang tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PEUBI).

References

Apriliana, R. R., Firdaus, A., & Suparman, F. (2020). Kesalahan Penulisan Kata dan Tanda Baca Pada Online News. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 13–19. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.2996

Bengkulu, K. B. (2017). Utamakan Bahasa Indonesia Lestarikan Bahasa Daerah Kuasai Bahasa Asing. Kantor bahasa bengkulu. Kemdikbud.Go.Id. https://kantorbahasabengkulu.kemdikbud.go.id/sekilas-tentang-sejarah-bahasa-indonesia/

Hasrianti, A. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 213–222. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.618

KEMENRISTEK-DIKTI. (2018). Permendikbud No. 59. Berita Negara Republik Indonesia, 1763, 1–18.

Laelasari, L., Oktavia, L., & Mustika, I. (2018). Pengaruh Bahasa Alay Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia di Kalangan Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(5), 675–680.

Leksono, M. L. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Pada Tugas Makalah dan Laporan Praktikum Mahasiswa IT Telkom Purwokerto. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 4(2), 116. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v4i2.1106

Sriyanto. (2014). EJAAN (R. A. Ekoputranti (ed.). Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. https://repositori.kemdikbud.go.id/6160/1/Buku Penyuluhan Ejaan.pdf

Syahputra, E., & Alvindi, A. (2022). Berlakunya Perubahan Ejaan yang disempurnakan (EYD) menjadi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 160–166. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3923

Downloads

Published

2024-01-25