PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)

Authors

  • Putri Nursyamsiach IKIP Siliwangi
  • Nur Sakilah IKIP Siliwangi
  • Listiani Rahmawati IKIP Siliwangi

Keywords:

menulis deskripsi, CTL (Contextual Teaching Learning)

Abstract

Writing is one aspect of language skills used by humans to communicate or convey messages indirectly, The purpose of this study is to know: the activities of teachers and students on learning to write a description using CTL (contextual teaching and learning); significant difference between before and after learning write description using CTL method; and student responses to learning to write a description using CTL method. The research method used is experimental method. The sample of research is the fourth grade students of SDN Cengkong 1. The result of this research shows that this can be proven from the value of t arithmetic count (32.2) t table (1.67) with 95% confidence level (0,05). Thus it is true that there is a significant difference, between the students' ability to write the description of the treated method other than the CTL method with the writing ability of the students treated with the CTL method). The results of teacher activity observation can be done 85% and 80% student activity is done. Based on the results of the questionnaire calculation given to the students, showed a positive response that is equal to 76%, meaning that students feel happy and welcomed about the application of CTL approach in learning to write a description. Based on the research data there are differences between  initial and final test results with an average initial test score of 44.13 and a final test of 73.4. Based on hypothesis test results obtained sig value: 0.000 then smaller than 0.05, so there is a significant influence from the use of CTL approach to the ability to write a description

Keywords: write description, CTL (Contextual Teaching Learning)

 

Abstrak

Menulis merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang dipergunakan manusia untuk berkomunikasi atau menyampaikan pesan secara tidak langsung, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan metode CTL (contextual teaching and learning) ; perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pembelajaran menulis deskripsi yang menggunakan metode CTL; dan respon siswa terhadap pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan metode CTL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Cengkong 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ini dapat dibuktikan dari nilai t hitung hitung (32,2) t tabel (1,67) dengan taraf kepercayaan 95% (0,05). Dengan demikian benar bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, antara kemampuan siswa dalam menulis deskripsi yang diberi perlakuan metode selain metode CTL  dengan kemampuan menulis siswa yang diberi perlakuan metode CTL). Adapun hasil pengamatan aktivitas guru dapat terlaksana 85% dan aktivitas siswa 80% terlaksana. Berdasarkan hasil perhitungan lembar angket yang diberikan kepada siswa, menunjukkan respon yang positif yaitu sebesar 76%, artinya bahwa siswa merasa senang dan menyambut dengan baik tentang penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran menulis deskripsi. Berdasarkan data penelitian adanya perbedaan hasil tes awal dan akhir dengan rata-rata nilai tes awal 44,13 dan tes akhir 73,4. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sig: 0,000 maka lebih kecil dari 0,05, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan pendekatan CTL terhadap kemampuan menulis deskripsi.

 Kata kunci : menulis deskripsi, CTL (Contextual Teaching Learning)

Author Biography

Putri Nursyamsiach, IKIP Siliwangi

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi

References

Depdiknas. (2007). Pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning). Jakarta: Ditjen Dikdasmen

Sobari, T. (2012). Penerapan Teknik Siklus Belajar dalam Pembelajaran Menulis Laporan Ilmiah Berbasis Vokasional di SMK. Jurnal Semantik. 1(1). Hlm 17-41.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wikanengsih. (2013). Model Pembelajaran Neorolinguistic Programing Berorientasi Karakter bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal pendidikan. 1(2). Hlm.177-186.

Wikanengsih, W. Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2).

Downloads

Additional Files

Published

2018-03-07