PENERAPAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH PADA SISWA SMK KELAS XI

Authors

  • Deli Siti Maulida IKIP Siliwangi
  • Wikanengsih IKIP Siliwangi
  • Heri Isnaini IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v6i5.17760

Keywords:

Aplikasi quiziz, Teks ceramah, Evaluasi pembelajara

Abstract

The use of technology in the world of education is an effort to encourage renewal so that there is compatibility between the development of the times, learning and students' interests. One of the ICT-based applications used in learning is the quiziz application, which is used as a medium for learning evaluation tools. The purpose of this study was to describe the results of students' responses to the use of the quiziz application on the learning outcomes of class XI Vocational High School students in lecture text material. This study used descriptive qualitative method. The subject taking technique used was purposive sampling, which was taken randomly while the instrument used was a questionnaire. Based on the results of the research that has been done, it is known that the average percentage of effectiveness is 83% in the very good category. Thus it can be concluded that the use of the quiziz application in learning lecture texts can increase student motivation, provide a new atmosphere in the implementation of exams, besides that the design and features in the application are fun so as to attract students' attention.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asria, Dkk. 2021. “Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz.” journal.ibrahimy.ac.id 3. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/Alifmatika/article/view/1039 (December 12, 2022).

Asria, Lailatul et al. 2021. “Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika 3(1): 1–17.

Fauziya, Diena San, and Reka Yuda Mahardika. 2022. “Pembelajaran Daring Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas VIII Dengan Metode Discovery Learning.” Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(November).

Fitriyeni, and Wahyu Kurniawati. 2022. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Penilaian Pembeljaaran.” Primary : pendidikan Guru Sekolah Dasar 11: 915–27.

Ismayani, M.R, and M.K Yesi. 2022. “Keefektifan Alat Penilaian Membaca Pemahaman Berbantuan Plikasi Tesmoz.” Diglosia 6.

Isnaini, Heri. 2019. “Pembelajaran Memahami Karya Sastra Sebagai Bagian Pembelajaran Kritik Sastra Pada Siswa Sekolah Menengah Atas.” Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Majalengka: 1089–94.

Kartiwi, Yesi Maylani, and Yeni Rostikawati. 2022. “Pemanfaatan Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik SMP.” Semantik 11(1): 61–70.

Al Mawaddah, A.W, M.t Amin, and S Hartatik. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Daring Di Sekolah Dasar.” jurnal Basicedu 5(5): 3109–16.

Paramadhika, Aldita Salsabillah, and Machrus Abadi. 2023. “Implementasi Aplikasi Quizizz Sebagai Media Evaluasi Online Pada Pembelajaran Teks Pidato Persuasif Kelas IX SMPN 10 Malang.” Hasta Wiyata 6(1): 26–37.

Rohmawati, Silvi, and Andi Mariono. 2020. “Pengembangan Media Audio Materi Pokok Ceramah Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMKN 1 Jombang.” jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan UNESA 10(29).

Rostikawati, Yeni, Alfa Mitri Suhara, and R Mekar Ismayani. 2023. “Strategi Pembelajaran Berbasis Neurosains Berbantuan Aplikasi Wordwall Dalam Menganalisis Dan Merancang Soal HOTS.” Semantik 12(1): 114–24.

Salam, MY, A Mudinilllah, and A Agustina. 2022. “Aplikasi Quizizz Berpengaruh Atau Tidak Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa.” jurnal Basicedu 6. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2467 (December 12, 2022).

Sari, Lia Kumala, Mohammad Siddik, and Gede Mulawarman Widyatmike. 2019. “Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Dengan Model Problem Baed Learning Dipadukan Media Gambar.” Diglosia 2(1): 59–73.

Sodiq, M, H Mahfud, and F P Adi. 2021. “Persepsi Guru Dan Peserta Didik Terhadap Penggunaan Aplikasi Berbasis Web " Quizizz " Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Didaktika Dwija Indria 9.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. ke 2. ed. Sutopo. Bandung: Alfabeta.

Supartini, Ni Luh, and Luh Eka Susanti. 2021. “Implementasi Penggunaan Quizizz Dalam Evaluasi Pembelajaran Online English For Food and Beverage Service.” Pedagogi dan Pembelajaran 4(3): 485–92.

Supriadi, Nunung, Destyanisa Tazkiyah, and Zuyinatul Isro. 2021. “Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid 19.” jurnal Cakrawala Mandarin 5(1): 42–51.

Tiwijayanti, R, and M Pramono. 2020. “Antusiasme Siswa Remaja Terhadap Upaya Pelestrian Budaya Melalui Pengenalan Permainan Olahraga Tradisional Di Suseum Negeri Jawa Timur MPU Tantular.” Jurnal Kesehatan Olahraga 8(3): 105–10.

Wahyuillahi, NI, I Nawawi, and P Mahanani. 2021. “Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Metode Evaluasi Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Muatan PKN Kelas V SD.” journal3.um.ac.id 1. http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/871 (December 12, 2022).

Wikanengsih, Heri Isnaini, and Yesi Maylani Kartiwi. 2019. “Pembelajaran Teks Anekdot Dengan Menggunakan Media Video Animasi Pada Siswa Kelas X SMK Profita Bandung 2018/2019.” Onoma Pendidikan Bahasa dan Sastra 5(2): 383–98.

Zuhriyah, S, and B.W Pratolo. 2020. “ExploringStudents’view in The Use Of Quizizz as an Assessment Tool in English as a Foreign Language (Efl) Class.” Universal Journal of

Downloads

Published

2023-09-18