PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKS PIDATO PERSUASIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING
DOI:
https://doi.org/10.22460/parole.v6i3.17898Keywords:
Discovery learnig, Teks pidato persuasif, Mind mappingAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah siswa dalam menulis teks pidato persuasif. Faktor penyebab masalah tersebut siswa gagal memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks pidato persuasif sebagai dampak dari pemilihan model pembelajaran yang belum inovatif. Dalam penelitian ini menguraikan hasil pembelajaran menulis teks pidato persuasif menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan media mind mapping. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan hasil belajar teks pidato persuasif menggunakan model pembelajaran discovery learning yang dilengkapi dengan mind mapping pada subjek sebanyak 34 siswa. Metode yang digunakan yakni deskriptif kualitatif serta pengumpulan data berdasarkan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran teks bahasa persuasif menggunakan model discovery learning dengan mind mapping berjalan baik di kelas IX G SMPN 1 Margaasih sesuai hasil observasi siswa sebesar 93,7%. Hasil belajar siswa secara keseluruhan memperoleh skor total 85% dengan rincian struktur sebanyak 88%, kaidah kebahasaan 83%, kreativitas 79%, dan presentasi 92%. Dapat disimpulkan bahwa pemilihan model dan media bisa menjadi solusi dari pembelajaran yang belum inovatif.
References
Arofah. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Increasing the Motivation of Learning Indonesian Language Students in Class V of Elementary School Through the Application of. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(3), 326–334.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. PT Raja Grafindo Persada.
Dewi, & Sobari, T. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Ceroen dengan Menggunakan Metode Pembelejaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI SMK Citra Pembaharuan. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(6), 989–998. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1822
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fahmi Abdulah, D. (2022). Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa SMP YPU Bandung melalui Kegiatan Public Speaking. Adi Dharma.
Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. In Deepublish.
Hartati, S. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Inspiratif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Discovery Learning pada Siswa Kelas IXB Semester 2 SMP Negeri 1 Teras. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 71–87. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.15233
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Defnisi, Sintaksis, Keunggulan, dan Kelemahan. MUDARISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–413.
Kusmawanto, yoki n, Ferdian, I. D., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh Bahasa Ibu Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Pidato Persuasif di SMP Negeri 2 Batujajar. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(3), 461–466.
Ludvigsen, K., Ness, I. J., & Timmis, S. (2019). Writing on the wall: How the use of technology can open dialogical spaces in lectures. Thinking Skills and Creativity, 34(December 2018), 100559. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.02.007
Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 94.
Rohmah, F. (2020). Pengembangan Modul Sintaksis Bermodel Discovery Learning Untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 20(1), 111–120. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v20i1.25976
Ruhama, I. A., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3841–3849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1422
Sari, L., Wikanengsih, & Fauziya, D. S. (2020). Pembelajaran menulis cerita pendek melalui metode mind mapping. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 159–170.
Suryanto, S. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Pelajaran Ips Melalui Gabungan Metode Ceramah Dengan Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Autentik. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(2), 135. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i2.26017
Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan Motode Discovery Learning Pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indinesia), 1(5), 713–720.
Widyatnyana, K. N., & Rasna, I. W. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Teks Cerpen Dengan Menggunakan Media Canva for Education. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10 (02), 229–236. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/download/695/422
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.