EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII

Authors

  • Hana Hanifah Khairiyah IKIP SILIWANGI
  • Teti Sobari IKIP SILIWANGI
  • Mimin Sahmini IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v6i5.18229

Keywords:

Problem Based Learning, writing skills, descriptive text

Abstract

Learning how to write is one of the language skills that students must master. The goal of this research is to provide an insight of the effectiveness of problem based learning models for writing skills in descriptive materials in Grade VII. The methods used in this study are descriptive qualitative. The study subject came from class VII E of SMP Negeri 3 Cimahi. Based on the result, we can conclude that the 36 samples have a total score of 3182, corresponding to an average score of 88 and a percentage of the total score of 88,7% representing a very good category. This indicates that the problem based learning model is effective in improving writing skills in descriptive materials for Grade VII students.

References

Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Dewi, D. P., dan Nila Yuniani. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Metode TTW Media Gambar pada Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 18(1).

Hardani. dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.

Hasibuan, M. S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X IPA 2 di SMA Negeri 9 Pekanbaru. Skripsi, Universitas Islam Riau.

Ibda, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku Ilmiah pada Mahasiswa Melalui Program Satu Semester Satu Resensi (TUTER TENSI). Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-13. doi:http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i1.1998

Nggaruaka, T., dkk. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Berdasarkan Level Pemula Menggunakan Teknik Retrival Jaringan Semantik. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 154-163. doi:http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i2.3039

Sahmini, M., dan Rostikawati, Y. (2015). Pengembangan Evaluasi Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Dengan Pendekatan Sistem. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2 (2), 182-191.

Sobari, T., Abdurrakhman, D., dan Azzahra, I. S. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis dan Membaca Melalui Implementasi Kultur Literasi Siswa SMP. Diglosia –Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 92-102, 3(2).

Sriani, N. K., dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Experiental Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Tampaksiring. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1). doi:https://doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.4776

Syamsidah dan Hamidah, S. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL), Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.

Yunus, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Batara Gowa. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Downloads

Published

2023-09-18