PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN 4C DALAM PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII

Authors

  • Ai Nurlaela IKIP SILIWANGI
  • Indra Permana IKIP Siliwangi
  • Dida Firmansyah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v6i3.19210

Abstract

Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini adanya siswa mengeluh kesulitan dan merasa kurang mampu dalam memperhatikan detail, dan mengorganisir informasi secara sistematis pada teks deskripsi dan adanya data dari hasil rata-rata siswa dalam pembelajaran teks deskripsi dengan nilai 71,89. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah penggunaan model mind mapping dengan dukungan konsep 4C dapat meningkatkan prestasi belajar dalam menulis teks deskripsi. Karena penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan suatu hal dan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan fakta melalui pengumpulan data. Oleh karena itu, pendekatan penelitian yang diterapkan adalah metode deskriptif kualitatif. Peneliti akan memberikan penjelasan menyeluruh tentang bagaimana siswa menggunakan dan bereaksi terhadap model mind mapping berbantuan 4C dalam instruksi menulis untuk teks deskripsi. Dalam penelitian ini, data primer diperoleh melalui observasi lapangan langsung dari sumber asli. Sebanyak 28 siswa dari kelas VII MTs AL-FALAH dipilih sebagai sampel penelitian.. Menurut temuan penelitian, siswa tertarik dengan penggunaan teknik pemetaan pikiran saat membuat teks deskripsi, sehingga nilai keterampilan menulis teks deskripsi siswa memperoleh skor terbesar 90, skor terendah 75, dan nilai rata-rata 83,42. Berdasarkan temuan, Dapat disimpulkan bahwa penerapan model mind mapping dengan pendekatan 4C berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII.

Keywords:  Mind Mapping, 4C, Teks Deskripsi

References

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100. Diambil dari https://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/383/362

Dewi, & Sobari, T. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Ceroen dengan Menggunakan Metode Pembelejaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI SMK Citra Pembaharuan. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(6), 989–998. Diambil dari https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1822

Maelasari, N. (2020). Menulis Teks Eksposisi Dalam Model Pembelajaran Mind Mapping. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 13(1), 41–49. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v13i1.303

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Permanasari, D. (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2), 156–162. https://doi.org/10.26638/jp.444.2080

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Qotimah, D. N., & Nawawi, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menentukan Struktur Teks Negosiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 77–82. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.7990

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36

Rizkiani, A. (2021). Penggunaan Mind Mapping Pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Di Kelas Viii Smp Yapermas Jakarta. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 14(1), 44–52. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i1.545

Schawel, C., & Billing, F. (2009). Mind Mapping. Top 100 Management Tools, 128–129. https://doi.org/10.1007/978-3-8349-8185-1_52

Downloads

Published

2023-05-28