PBL, Canva, Teks Iklan PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS CANVA PADA MATERI TEKS IKLAN KELAS VIII

Authors

  • wapi nur fitriani IKIP SILIWANGI
  • Wikanengsih IKIP Siliwangi
  • Reka Yuda Mahardika IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v6i3.19536

Abstract

Kurangnya motivasi belajar dan minat siswa mengenai pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah MTs Nurul Hidayah menjadi latar belakang utama dilaksanakannya penelitian ini, hasil tersebut diketahui dari pandangan guru bahasa Indonesia dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penerapan metode pembelajaan Problem Based Learning berbasis aplikasi Canva pada materi teks iklan di kelas VIII MTs Nurul Hidayah dan mengetahui perkembangan hasil menulis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Pada penelitian ini, peneliti memilih metode penelitian deskriptip kualitatif untuk mengetahui hasil menulis pada materi teks iklan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran  problem based learning berbasis aplikasi canva pada materi teks iklan. Populasi dan sampel pada penelitian ini diikuti 20 siswa dari kelas VIII B MTs Nurul Hidayah, penggunaan model pembelajaran problem based learning pada materi teks iklan memperoleh hasil yang efektif, hasil menulis teks iklan peserta didik memperoleh nilai rata-rata 85,3 dengan nilai tertinggi 100, menengah 84 dan terendah 79.

References

Bariyadi, Praptomo. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Dewi, Annisa, Laksmi Dewi, & Linda Setiawati. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Karikatur Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah.” Edutcehnologia 2(1): 1–12.

Dewi, P Mita Kesuma, N Nym Ganing, and I W Sujana. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-ComicBerbasis Problem Based Learning dalam Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Iklan Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling 4: 1908–17.

E.Kosasih. (2017). Bahasa Indonesia Kelas VIII. Pusat Kuri.

F. Fatia. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal ilmiah pendidikan guru.

Fujiawati, Fuja Siti. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni 1(1): 16–28.

Hasibuan, Sammad, Shofiyah Binti, and Nasir Ilyas. (2020) Pesan Moral Dalam Puisi Lastu Mitsla Al - Nȃsi ’ Karya Faruq Juwaidah ( Analisis Konten ).

Hotimah, Husnul. (2020). “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jukasi Vol 7 No2.

Ipa, Jurnal et al. (2021). Pengembangan E-Modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. 5(2): 151–61.

M Huda. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelsajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahardika, Reka Yuda. (2012). Keefektifan Penggunaan Komik Rama dan Sinta Melalui Strategi Pemetaan Pikiran Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Berorientasi Nilai Karakter : Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Bina Muda Cicalengka.” http://repository.upi.edu/id/eprint/8690.

Muh Zein. (2016). “Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 5(2): 274–85.

Mustika, Ika, Latifah, and Restu Bias Primandhika. (2020). Pembelajaran Saintifik Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru di Kecamatan Cagak Kabupaten Subang Jawa Barat. Abdimas Siliwangi 03(02): 339–50.

Resmini, Setya, Intan Satriani, dan M.Rafi. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi 4(2): 335–43.

Rosidi Imron. (2009). Menulis (Siapa Takut?). Yogyakarta: kanisius.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Management. Bandung: Alfabeta.

Wikanengsih, Euis Eti Rohaeti, dan Yeni Rostikawati. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Metode Think Talk Write. 256–64.

Wiwin Yuliani. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta 2(2): 83–91.

Downloads

Published

2023-05-27