PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN APLIKASI KINEMASTER DALAM PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR PERSUASIF

Authors

  • Fanisa Tri Kamilah IKIP Siliwangi
  • Via Nugraha IKIP Siliwangi
  • Tamtam Kamaluddin IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v6i4.20232

Keywords:

think talk write, kinemaster, teks persuasif.

Abstract

Abstract

In the 2013 curriculum students are required to master higher order thinking skills (HOTS), this makes students expected to be able to produce what they have learned. One of the abilities students must have is writing persuasive texts, namely texts that are written so that the reader can do something according to what the author wants. This research was conducted to find out how the results of writing persuasive texts of students before and after the application of learning models think talk write with the help of the kinemaster application. In this study, the research method used is descriptive qualitative method. The results of this study show the results of writing students' persuasive texts before applying the model think talk write assisted kinemaster gets an average value of 73.8 while after being applied gets an average value of 80.8.

Keywords: think talk write, kinemaster, persuasive text..

 

Abstrak

Pada kurikulum 2013 siswa dituntut untuk menguasai higher order thinking skills (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi, hal ini membuat siswa diharapkan dapat memproduksi apa yang sudah dipelajarinya. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa antara lain adalah kemampuan menulis teks persuasif, yaitu teks yang di tulis agar pembaca dapat melakukan sesuatu sesuai yang diinginkan penulis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hasil menulis teks persuasif siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi kinemaster. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil menulis teks persuasif siswa sebelum penerapan model think talk write berbantuan kinemaster mendapatkan nilai rata-rata 73,8 sedangkan setelah diterapkan mendapat nilai rata-rata 80,8.

Kata Kunci: think talk write, kinemaster, teks persuasif.

References

Andayani, N., Saddhono, K., & Muijyanto, Y. (2016). Peiningkatan Keimampuian Meinuilis Teiks Eiksplanasi Deingan Meingguinakan Meidia Auidiovisuial pada Siswa Seikolah Meineingah Peirtama. 53(9).

Anggriani, A. D., Beirnard, Nuir, R., & Nuirjawahirah. (2016). Meiningkatkan Keimampuian Peimeicahan Masalah Meilaluii Peimbeilajaran Koopeiratif Think-Talk-Writei pada Peiseirta Didik Keilas VII 1 MTsN Makasar. 4(1), 11–28.

Azizah, M., Suilianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keiteirapian Beirpikir Kritis Siswa Seikolah Dasar pada Peimbeilajaran Mateimatika Kuirikuiluim 2013. 35(1), 61–69.

Buidiman, H. (2016). Peingguinaan Meidia Visuial dalam Proseis Peimbeilajaran. 7(2), 171–182.

Deivi, C. P., Huidiyono, Y., & Muilawarman, W. G. (2018). Peingeimbangan Bahan Ajar Meinuilis Teiks Proseiduir Kompleiks deingan Modeil Peimbeilajaran Discoveiry Leiarning Meingguinakan Meidia Auidio Visuial (Videio) di Keilas XI SMA Neigeiri 1 Samarinda. 1(2), 101–114.

Isodaruis, P. B. (2017). Peimbeilajaran Bahasa Indoneisia Beirbasis Teiks. 11(1), 1–11.

Khairiyah, Ui., & Faizah, S. N. (2020). Reispon Siswa Teirhadap Peingguinaan Moduil Teimatik dalam meiningkatkan Keimampuian Beirpikir Kritis. 2(1).

Krismauif, N. A. (2022). Peingguinaan Aplikasi KineiMasteir dalam Peimbeilajaran Peimbacaan dan Peimuisikalisasian Puiisi Siswa Keilas X SMK Waskito Tangeirang Seilatan Tahuin Peilajaran 2021/2022. 3(1), 1–12.

Nuigraha, V., Peirmana, I., & Peirmana, A. (2018). Peimbeilajaran Meinuilis Reiseinsi Noveil Peirteimuian Duia Hati Laskar Peilangi Meingguinakan Teiknik. 5(2), 55–61.

Rahman, T. (2017). Teiks dalam Kajian Struiktuir dan Keibahasaan. CV Pilar Nuisantara.

Sahmini, M., & Nuigraha, V. (2022). Peimbeilajaran Keiteirampilan Meinuilis Ceirpein Meingguinakan Meitodei Quiantuim Leiarning deingan Hipnosis Seibagai Uipaya Peinguiatan Karakteir Uingguil. 11(2), 257–270.

Sandra, Ei., Nofrita, M., & Arianti, R. (2020). Analisis Tindak Tuituir Eikspreisif Dalam Noveil Huijan Karya Teirei Liyei. 5(4), 11–19.

Sorraya, A. (2014). Peingeimbangan Bahan Ajar Teiks Proseiduir Kompleiks dalam Peimbeilajaran Bahasa Indoneisia Uintuik Keilas X SMK. 2(2), 13–28.

Suidrajat, A. (2018). Peingeirtian Peindeikatan, Strateigi, Meitodei, Teiknik, Taktik, dan Modeil Peimbeilajaran. 1(1), 1–13.

Syahrir, S., & Suisilawati, S. (2015). Peingeimbangan Moduil Peimbeilajaran Mateimatika Siswa Smp. Juirnal Ilmiah Mandala Eiduication, 1(2), 162–171.

Yuisuif, Y. (2019). Peingantar Peincapaian Keimampuian Eispiteimik. Syah Kuiala Uiniveirsity

Downloads

Published

2023-07-07