PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN PERCOBAAN BERBANTUAN APLIKASI CANVA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IX SMP AL-TAMIMI
DOI:
https://doi.org/10.22460/parole.v7i1.22601Keywords:
Menulis, Teks Laporan Percobaan, Canva, Kooperatif Tipe STAD, Exploratory Sequensial DesignAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelbagai masalah kesulitan siswa dalam menulis teks laporan percobaan, berdasarkan hasil observasi. Sedangkan berdasarkan wawancara terhadap guru belum menerapkan canva dengan model kooperatif Tipe STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran, kendala yang dihadapi dan pengaruh efektivitas pembelajaran menulis teks laporan percobaan berbantuan aplikasi canva melalui model kooperatif tipe stad pada siswa kelas IX SMP Al-Tamimi. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Method The Exploratory Sequensial Design. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dari pertemuan pertama ke kedua dalam evaluasi pengamatan guru, mencapai tingkat "Sangat Baik.". Kendala yang dihadapi guru terkait ketersediaan sarana dan prasarana, sementara siswa mengalami kendala dalam akses internet, minat belajar terhadap pemahaman materi. adanya peningkatan yang signifikan pada siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dengan canva, dengan nilai rata-rata N-gain eksprimen sebesar 0,77 dan kontrol sebesar 0,54.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.