RESPONS SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN

Penulis

  • Adinda Thalia IKIP Siliwangi
  • Teti Sobari IKIP Siliwangi
  • Reka Yuda Mahardika IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v7i1.22650

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Aplikasi Youtube, Keterampilan Menulis Cerpen

Abstrak

Pembelajaran menulis cerpen telah diajarkan mulai dari jenjang sekolah menengah pertama. Seharusnya siswa sudah mulai bisa menyampaikan gagasan, ide, pesan, pikiran, dan perasaannya dalam bentuk tulisan. Akan tetapi, pembelajaran karya sastra yang tidak diimbangi dengan metode dan media pembelajaran yang tepat menjadi faktor penghambat hingga membuat siswa menganggap bahwa menulis cerpen tidaklah mudah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respons siswa terhadap penerapan model problem based learning berbantuan aplikasi YouTube untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, melibatkan 34 siswa sebagai populasi data. Hasil analisis data dari respons siswa dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa menunjukkan respons positif terhadap metode pembelajaran ini, dengan persentase respons positif dari siswa rata-rata mencapai 77%, menunjukkan adanya dukungan kuat dari siswa terhadap efektivitas model problem based learning berbantuan aplikasi YouTube.

Referensi

Fauziani, R., Maharani, Teguh, V. S., &Lulus, I. (2022). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Menulis Resensi Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMK. Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya 6. http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/ linguista/article/view/12029/4288.

Handayani, S., Sobari,T., & Abburokhman, D. (2020). Penerapan Model Jigsaw dalam Keterampilan Menulis Cerpen pada Kelas XI. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/5145.

Humaidi, A. Q. & Swasono, R. (2022). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Video YouTube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika).

Mardianto, Y., Abdul, L. S., & Amelia, R. (2022). Menganalisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Materi Perbandingan dan Skala Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 5.

Nurrachman, I., Wikanengsih, & Mahardika, r. y. (2020). Analisis Unsur Intrinsik Cerpen ‘Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi Karya Seno Gumira Ajidarma. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3: 859–70.

Rosana, Y. F. & Effendi, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Cerpen Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia 6. https://www.semanticscholar.org/paper/Peningkatan-Kemampuan-Menganalisis-Unsur-unsur-pada-Rosana-Fitriani/7bac17df3d45aedb6c41f9370640a76e43eae5a1?p2df.

Resti, A., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem Based Learning: Apa dan Bagaimana. Journal for Physics Education and Applied Physics.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif, dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai.

Widyastuti, Riski, T. &Arlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basidecu 5: 1120–29. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/896.

Yaqin, S., Wahyuni, L., Abdul, R., & Hesti, M. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Youtube pada Pembelajaan Teks Anekdot pada Siswa Kelas X. Jurnal Tuturan 11: 26–35. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/jurnaltuturan/article/view/7247.

Diterbitkan

2024-01-30