UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS UNSUR INTRINSIK HIKAYAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS X SMK
Keywords:
Writing, intrinsic element of saga, Cooperative ScriptAbstract
References
Abidien, M. Z. (2014). Hikayat Jaya Lengkara: Suntingan Teks dan Analisis Nilai-nilai Moral serta Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah (Bachelor's thesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Dewi, U. K., Silva, P. S., & Wikanengsih, W. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(6), 1021-1028.
San Fauziya, D. (2018). Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Duti-Duta dalam Meningkatkan Kemampuan menulis Argumentasi. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2).
Adawiah, S. R., Pertiwi, L. L., Sukawati, S., & Firmansyah, D. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Onomatope di MA Tanjungjaya. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(6), 897-904.
KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved from https:/kbbi.web.id/cerpen.
Meilasari, N. R., Junianto, J., & Mustika, I. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Image Streaming dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI SMA Darul Falah Cihampelas. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 707-712.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumasari, Y. J. (2014). Analisis unsur-unsur intrinsik dalam hikayat cerita taifah. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1).
Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 713-720.
Widiyarto, S. (2018). Pengaruh Metode Cooperative Scrift dan Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Khazanah Pendidikan, 11(1).
Wikanengsih, W. (2013). Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2).