PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

Authors

  • Tita Lestari
  • Ika Mustika
  • R. Mekar Ismayani

Abstract

Perkembangan bahasa anak dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan pola asuh. Anak yang jarang berinteraksi dengan teman sebayanya akan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dan cenderung tertutup dari lingkungan luar. Di samping itu, bahasa yang diperoleh anak kurang berkembang sebab ia hanya bergaul dan berinteraksi dengan orang-orang terdekat saja. Berbeda halnya dengan anak yang dibiarkan bergaul dengan teman sejawat, ia akan mampu berkembang secara sosial dan kebahasaan. Hanya saja, peran orang tua tetap menjadi aspek utama dalam proses perkembangannya. Ketika anak tidak mendapatkan kendali dari orang tua, maka ia akan terpengaruh dengan bahasa yang kasar.

 

Setiap orang tua pasti mengharapkan yang terbaik bagi anaknya, salah satunya dengan cara membatasi pergaulan mereka. Hal itu wajar saja, namun tetap memberikan peluang bagi anak untuk bersosialisai dengan lingkungan luar sehingga ia tidak akan merasa kaget ketika memasuki bangku sekolah. Begitu pun dengan anak yang sudah terbiasa bersosialisasi dengan lingkungan luar, orang tua tetap mengarahkan dan membimbing meski pola asuh yang dilakukan tidak secara intens.

 

Dari kedua subjek penelitian, mereka memiliki kesamaan dalam penguasaan bahasa pada tataran morfosintaksis, hanya saja untuk subjek pertama ia belum bisa menerapkan kata-kata yang berafiks, sedangkan subjek kedua sudah mampu menggunakan kata-kata yang berafiks. Selain itu, kedua subjek mengalami hambatan dalam melafalkan fonem /r/ dan berubah menjadi /y/ (subjek pertama) dan /l/ (subjek kedua). Subjek pertama belum sampai pada tahap ke IV, sedangkan subjek kedua sudah memasuki tahap ke IV.

Downloads

Published

2020-08-08