PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA MA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI

Authors

  • Fuji Anugerah Lestari IKIP Siliwangi
  • Wikanengsih Wikanengsih IKIP Siliwangi
  • Diena San Fauziya IKIP Siliwangi

Keywords:

Teks negosiasi, metode quantum teaching, media gambar seri

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses kegiatan mentransfer ilmu yang dilakukan di dalam kelas oleh guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi siswa SMA/MA/SMK kelas X yang diimplementasikan sesuai dengan quantum teaching yang juga dibantu dengan penggunaan media gambar seri, untuk menelaah respon pendidik dan peserta didik  pada siswa MA kelas X terhadap pembelajaran menulis teks negosiasi yang dilaksanakan sesuai dengan langkah quantum teaching yang dibantu dengan penggunaan media gambar seri, serta untuk menelaah kesulitan-kesulitan yang dialami siswa MA kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis teks negosiasi. Metode penelitian yang peneliti gunakan di lapangan adalah metode deskriptif kualitatif, hasil penelitian dari metode ini yaitu dengan cara dideskripsikan atau digambarkan sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. Subjek penelitian dari metode ini adalah 35 orang siswa kelas X IIS di MA 38 Persis Padalarang. Hasil yang ditemukan dilapangan yaitu metode quantum teaching yang dibantu dengan penggunaan  media gambar seri merupakan metode dan media yang efektif untuk digunakan karena metode quantum teaching yang dikolaborasikan dengan media gambar ini menjadikan siswa lebih dapat memahami teks negosiasi. Hal tersebut dapat dilihat dari respon siswa yang menyatakan bahwa sebagian besar siswa lebih dapat memahami materi teks negosiasi saat menggunakan metode quantum teaching yang dikolaborasikan dengan media gambar berseri. Selain itu, media dan metode yang digunakan pada saat pembelajaran menulis teks negosiasi juga dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai siswa yang menunjukan bahwa sebagain besar siswa mendapatkan nilai di atas KKM, yang berarti guru berhasil menyampaikan materi dengan baik sehingga siswa dapat menerima dan memahami materi dengan baik pula.

References

Arianti, R., & Herwandi, H. (2018). Implementation Of Quantum Teaching Models In Listening The Short Stories In SMA 2 Rambah Hilir (Penerapan Model Quantum Teaching dalam Menyimak Cerita Pendek di SMA Negeri 2 Rambah Hilir). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 201–213.

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum teaching: mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Kaifa.

Dewi, U. K., Silva, P. S., & Wikanengsih, W. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(6), 1021–1028.

Handayani, W. N. U. R. F. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X MIPA 5 SMAN 2 Malang Melalui Media Kartu Gambar Berseri. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia-Fakultas Sastra UM.

Hanifah, I., & Permana, R. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ciawigebang Tahun Ajaran 2014/2015 dalam Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Menggunakan Media Gambar Seri dan Media Teks Narasi. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2).

Manalu, F. M., & Hasibuan, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Oleh Siswa Kelas X SMA Katolik Budi Murni 3 Medan. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra, 2(1), 23–33.

Megawati, N. M. P., Suarni, N. K., & Sulastri, M. (2013). Penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).

Patonah, S., Syahrullah, A., Firmansyah, D., & San Fauziya, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi di Kelas X SMK Lentera Bangsa. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(5), 807–814.

Sari, Y. K., Susilowati, S. M. E., & Ridlo, S. (2013). Efektivitas penerapan metode quantum teaching pada pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) berbasis karakter dan konservasi. Journal of Biology Education, 2(2).

Tamimi, I., & Hanum, I. (2018). Analisis Penerapan Model Quantum Teaching pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Susu Tahun Ajaran 2018/2019. Kode: Jurnal Bahasa, 8(3).

Wiratmajaya, I. G. N. A., Artika, I. W., Hum, M., & Darmayanti, I. A. M. (2015). Penggunaan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa Kelas X Akuntansi A SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).

Wulandari, P. R. (2018). Pengaruh Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan Terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.

Downloads

Published

2020-08-14