PENERAPAN MODEL JIGSAW DALAM KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA KELAS XI

Authors

  • Sri Handayani IKIP SILIWANGI
  • Teti Sobari IKIP SILIWANGI
  • Dede Abdurrokhman IKIP SILIWANGI

Keywords:

Menulis, Model Jigsaw, Teks Cerpen

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang menuangkan suatu ide, gagasan, maupun perasaan dalam bentuk tulisan dan dapat menjadi suatu alat komunikasi. Keterampilan ini sangat sulit dalam pembelajaran, karena tidak sedikit siswa yang tidak dapat menuangkan suatu gagasan ke dalam bentuk tulisan. Cerpen merupakan suatu karya yang sederhana dengan tidak melibatkan banyak alur. Oleh karena itu, penelitian ini dilatar belakangi dengan keingintahuan mengenai proses dan hasil meningkanya keterampilan menulis teks cerpen siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) mengatahui perbedaan keterampilan menulis sebelum tes dan setelah tes menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas XI MIPA 2 di SMAN 2 Padalarang; 2) keefektifan model pada pembelajaran menulis teks cerpen kelas XI MIPA 2. Metode yang akan digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang diambil sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara (baik secara langsung, maupun tidak lansgung), dan dokmentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai keterampilan menulis teks cerpen siswa mendapatkan nilai tertinggi 87 , nilai terendah 75, dan nilai rata-rata 81.08 dengan adanya hasil penulisan teks cerpen dengan menggunakan model Jigsaw, dapat diambil kesimpulannya dengan menggunakan model jigsaw  pada kelas XI MIPA 2 dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen.

References

Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: R. Press, Ed.

Dewi, S. M., & Sobari, T. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI SMK Citra Pembaharuan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(6), 989–998.

Edriati, S., Anggraini, V., & Siska, M. (2015). Efektivitas Model Jigsaw Disertai Penilaian Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 288–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4833

Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 53–57. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1104

Mustika, R., Septiani, D., & Fauziya, S. D. (2019). Keefektifan Model Problem Posing Pada Pembelajaran Menulis Teks Resensi Cerpen Di Kelas XI SMAN 1 Cikalongwetan. Parole, 2, 197–198.

Prof. Dr. .Muri Yusuf, M. P. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualaitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=RnA-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=metode+deskriptif+kualitatif&ots=JwfrLnYz5m&sig=WNu5gge6Qz60Cv1-T9J4SFSxr-Y&redir_esc=y#v=onepage&q=metode deskriptif kualitatif&f=true

Sohimin, A. (2013). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendi, U., Gunawan, R., & Sobari, T. (2019). Upaya Peningkatkan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Metode Discovery Pada Kelas Viii Smp. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 203–208.

Wijoyo, T. (2015). Fakultas bahasa dan seni universitas negeri semarang 2015. Unnes.

Downloads

Published

2020-08-28