PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA ANIMASI POWTOON

Authors

  • anrian anrian IKIP Siliwangi

Keywords:

Teks Eksplanasi, Contextual Teaching and Learning, Powtoon

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam pembelajaran menulis yang terjadi di MTs Martausshibyan, terutama dalam menulis teks eksplanasi salah satunya pada aspek struktur teks eksplanasi serta ejaan. Hal tersebut disebabkan adanya keterbatasan pengetahuan, ide, dan gagasan dalam menulis teks eksplanasi serta rendahnya minat belajar peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat ditarik sebuah rumusan masalah yaitu apakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media animasi powtoon cocok digunakan pada pembelajaran menulis teks eksplanasi. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menelaah skenario dan implementasi pembelajaran, respon guru dan peserta didik, serta kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik saat pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan pendekatan CTL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A MTs Martausshibyan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, aktivitas guru dan peserta didik pada saat pembelajaran menulis teks eksplanasi berjalan dengan baik. Kedua, peserta didik memberikan respon baik pada pembelajaran menulis teks eksplanasi. Ketiga, kesulitan yang dialami peserta didik yaitu salah satunya dalam penggunaan tanda baca dan pemilihan kata. Dilihat dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media animasi powtoon cocok digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ellyana. (2014). Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas III sdn wonorejo II-313 surabaya. Jurnal PGSD, 2(3), 1–4. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/12183

Handayani, N. P. (2019). Pembelajaran materi suhu dan energi panas menggunakan model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) pada siswa mi. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. https://eprints.umsida.ac.id/4014/

Janah, S., Wikanengsih, & Fauziya, D. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran pjb (project based learning) terhadap kemampuan menulis teks biografi kelas x sekolah menengah negeri 2 karawang tahun ajaran 2017/2018. Parole, 1(4), 637–644.

Kosasih, E. (2017). Bahasa indonesia (ke-2). Jakarta: PT. Gramedia.

Nurhadi. (2017). Panduan menulis lengkap. Jakarta: Bumi Aksara.

Priyatni, E. T. (2014). Desain pembelajaran bahasa indonesia dalam kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sanjaya, W. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r & d. Bandung: Alfabeta.

Suhara, A. ., & Permana, D. F. (2019). Penerapan e-learning socrative dalam pembelajaran bahasa. Sematik, 8(2), 10–16. https://doi.org/10.22460/semantik.vXiX.XXX

Downloads

Published

2020-08-15