EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS FANTASI
Keywords:
Writing, Fantasy Text, Mind MappingAbstract
References
Buzan, T. (2012). Buku pintar mind map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dewi, S.M., & Sobari, T. (2018). Pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas xi smk citra pembaharuan. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 06(1) Hal. 989-999.
Dewi, U.K., Silva, P.S., & Wikanengsih. (2018).Penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 06(1) Hal. 1021-1029.
Fajria, N. (2017). Pelaksanaan pembelajaran teks cerita fantasi di kelas VII F SMP negeri 8 yogyakarta. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1, 6(2) Hal. 265-281.
Fatimah, F.N., Dewi, P,. Desih, P., & Dida, F. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada tuturan pembawa cara dan bintang tamu dalam talk show hitam putih yang berjudul "fenomena kanjeng dimas". Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 05(1) Hal. 776-788.
Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I., A. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis teks fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter di kelas VII. Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, dan Pengembagan, 3(I), 100-106.
Kosasih, E. (2016). Jenis-jenis Teks: Analisis fungsi, struktur, dan kaidah serta langkah-langkah penulisannya. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Santoso, A. (2008). Jejak Halliday dalam linguistik kritis dan analisis wacana kritis. Jurnal Bahasa dan Seni, 36(1), 1-14.
Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sholihah, M. (2015). Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas x ips di sma negeri 8 malang semester genap tahun ajaran 2013/2014. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta: 07 November.
Suherli, Maman,S., Aji S., Istiqomah. 2016. Bahasa indonesia sma/ma/smk/mak kelas x Edisi Revisi 2016. Pusat Kutikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R & D. Bandung: Alfabeta.
Patonah, S., Syahrullah, A., Firmansyah, D., & Fauziya, D.S. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (pbl) pada pembelajaran menulis teks negosiasi di kelas x smk lentera bangsa. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5) Hal. 807-814.
Wardani, S.R., Fuady, A. & Andayani. (2016). Peningkatan keaktifan dan kemampuan menulis teks NAekdot dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada siswa kelas X SMK. BASASTRA Jurnal Penelitian Sastra, Bahasa Indonesia, dan Pengajarannya, 4(1) Hal. 167-192.
Wikanengsih. (2013). Model pembelajaran neurolinguistic programming berorientasi karakter bagi peningkatan kemampuan menulis siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2) Hal. 177-186.