PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ESTAFET WRITTING

Siti Fatimah Nurwahidah, Ika Mustika, Dida Firmansyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kesulitan yang dihadapi siswa ketika menuangkan ide dan gagasan dalam memproduksi teks cerpen dengan menentukan struktur dan kebahasaan teks cerpen. Lebih banyak siswa yang belum mengerti dibandingkan siswa yang sudah paham mengenai cara menulis teks cerpen. Maka penulis mengujicobakan metode estafet writing sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Metode estafet writing merupakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa belajar aktif secara bersama-sama, berkelompok maupun individu untuk menghasilkan sebuah teks cerpen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) apakah metode estafet writing dapat menumbuhkan kemahiran menulis teks cerpen 2) apakah terdapat perbedaan sebelum atau setelah menggunakan metode estafet writing. Tujuan peneliti untuk keterampilan menulis ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen tipe one-group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 25 siswa. Rata-rata test pretest siswa sebesar 63,08 dan rata-rata hasil posttest sebesar 79,96. Berdasarkan hasil analisis tersebut terlihat perbedaan sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Kesimpulannya pengunaan metode estafet writing efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen.


Keywords


Metode Estafet Writing, Menulis, Teks Cerpen.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Heriawan, Adang., Darmaji, & S. (2012). Metodologi pembelajaran kajian teoretis praktis. Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru).

Janah Sopiatul, Wikanengsih, D. S. F. (2018). Pengaruh model pembelajaran pjbl (projek based learning) terhadap kemampuan menulis teks biografi kelas x sekolah menengah kejuruan negeri 2 karawang tahun ajaran 2017/2018. 1, 627–638.

Kosasih, E. (2014). Strategi belajar dan pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Patonah, Siti., Syahrullah, Ahmad., F. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (pbl) pada pembelajaran menulis teks negosiasi di kelas x smk lentera bangsa. 1(5), 809.

Putri, Intan Nopiyanti., Sobari., L. (2020). Pembelajaran menulis teks biografi pada siswa smk kelas x dengan menggunakan model think talk write (ttw) berbantuan media powtoon. 3(4).

Putri, Sri Rahayu Indra Yanti., Anisa Maulana Ulfa., M. I. (2019). Pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan model think talk write (ttw). 2, 681–688.

Setyosari, P. (2010). Metode penelitian dan pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sobari, T. (2012). Penerapan teknik siklus belajar dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis vokasional di smk. 1, 19.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian dan pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d). Bandung: Alfabeta.

Suherli, Maman Suryaman, Aji Septiaji, I. (2017). Bahasa indonesia sma/ ma/ smk/ mak kelas xi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yulisna, R. (2016). Kontribusi kemampuan memahami cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas xi sma negeri 4 padang. 2, 72–83.

Zainurrahman. (2018). Menulis: dari teori hingga praktik (penawar racun plagiarisme). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/p.v3i5p805-818.5387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PAROLE (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is published by IKIP Siliwangi Bandung, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: parole@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: PAROLE 

 

PAROLE by http://journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/parole is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

p-ISSN: 2614-624X

e-ISSN: 2614-6231

 

 

View My Stats