ANALISIS SURAT DINAS YANG DITULIS SISWA KELAS VII A SMP YPAI RAHAYU

Authors

  • Ridwan Ridwan IKIP SILIWANGI

Keywords:

Analisis, surat dinas.

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMP YPAI Rahayu berangkat dari beberapa masalah dalam penulisan surat dinas. pembelajaran menulis surat dinas dianggap sulit karena kurangnya  perbendaharaan kosakata yang dimiliki oleh siswa, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam menulis surat dinas, tujuan dari penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah mengenai kesulitan siswa dalam menulis surat dinas, metode ini menggunakan metode jigsaw, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A berjumlah 26 orang, teknik pengumpulan data meliputi lembar tes dan diolah menggunakan Microsoft excel, hasil data penelitian ini mendapatkan nilai rata-rata 82,7 sangat tinggi tingkat keberhasilan siswa dalam menulis surat dinas. Pada penelitian ini peneliti mencoba untuk evaluasi hasil kerja siswa yang yaitu menulis surat dinas yang masih terdapat beberapa kesalahan diantaranya. (1) penggunaan bahasa baku dan bahasa tidak baku pada surat dinas, (2) penggunaan dan penempatan tanda baca, (3) penggunaan huruf kapital di dalam penulisan surat dinas, (4) kelengkapan struktur surat dinas. Metode yang digunakan dalam memecahkan masalah tersebut yaitu metode deskriptif kualitatif. sampel yang diambil adalah siswa kelas VII A. Dari data yang terkumpul diperoleh simpulan bahwa pembelajaran menulis surat dinas dengan menggunakan metode jigsaw dapat membantu siswa aktif dalam menulis surat dinas dengan sangat efektif karena jigsaw lebih mengkedepankan kekompakan kerja kelompok dalam proses pembelajaran.

Author Biography

Ridwan Ridwan, IKIP SILIWANGI

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.

Harsiati, & Dkk. (2017). Bahasa indonesia. Edisi revisi 2017. Indonesia: Jakarta.

Rahayu, E. (n.d.). ANALISIS SURAT DINAS YANG DITULIS SISWA KELAS XI SMK PAB 3 MEDAN ESTATE. Basastra, 7(1), 77–87.

Suhara, A. M., & San Fauziya, D. (2017). PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE KONTRAK BELAJAR DALAM KEGIATAN MENULIS ARTIKEL. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 71–85.

Wikanengsih, W. (2013). Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2), 104445.

Downloads

Published

2020-09-18