ANALISIS MAJAS DALAM LIRIK LAGU “SECUKUPNYA” KARYA HINDIA

Authors

  • Adi Mulyadi IKIP Siliwangi

Keywords:

Gaya bahasa, Majas, Lirik Lagu “Secukupnya”

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap lirik lagu “secukupnya†karena pada setiap bait lirik lagu menggunakan bahasa yang tidak biasa yang didalamnya mengandung majas sehingga ini menjadi penting karena dapat menguatkan pesan yang tersirat dalam lirik. Dalam setiap lagu terdapat lirik-lirik yang ditulis dengan maksud untuk menyampaikan beberapa pesan kepada pendengarnya. Lirik-lirik tersebut bisa berasal dari pengalaman pribadi sang pencipta ataupun pegalaman pribadi orang lain yang kemudian disampaikan dengan gaya bahasa yang berbeda, sehingga dapat mudah diingat oleh para pendengarnya. Gaya bahasa yang ada pada lagu tersebut disebut juga dengan majas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis majas serta makna dari majas yang ada dalam lirik lagu “Secukupnya†karya Hindia melaui kajian stilistika. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data, yaitu dengan membaca lirik lagu yang akan dianalisis, memahami lirik lagu tersebut, menemukan kata-kata yang mengandung majas dalam lirik lagu tersebut, kemudian mendeskripsikannya. Hasil dari penelitian analisis stilistika pada lirik lagu “Secukupnya†menunjukkan bahwa lirik lagu tersebut mengandung majas sebagai berikut, di antaranya majas simbolik, majas hiperbola (3), majas ironi, majas tautologi, majas alegori, dan majas paralelisme anafora. Dapat disimpulkan bahwa di dalam lirik lagu tersebut terdapat enam majas.

References

Annisa, A (2018). Romantika percintaan dan penggunaan gaya bahasa kias pada lirik lagu dalam album dunia batas grup band payung teduh (sebuah kajian stilistika). Jurnal Fakultas Sastra Universitas Diponegoro.

Astrea, A., Sulissusiawan, A., & Ramdani, D. (2018.). Analisis majas dalam lirik lagu daerah sambas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(6).

Garing, d. (2016). Metafora pada lirik-lirik lagu dalam album no sound without silence karya the script. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 2(1).

Lestari, S., Amalia, N., & Sukawati, S. (2019). Analisis majas dalam lirik lagu “hingga ujung waktu†karya eross candra. Jurnal IKIP Siliwangi.

Waridah, E. (2014). Kumpulan majas, pantun, dan peribahasa plus kesusastraan indonesia. ruang kata. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Wicaksono, A. (2014). Catatan ringkas stilistika. Penerbit Garudhawaca.

Published

2020-09-29