ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ANAK USIA 3 TAHUN PADA ASPEK FONOLOGI

Authors

  • Syasya Fauzhya IKIP SILIWANGI

Keywords:

pemerolehan bahasa, fonologi, perubahan bunyi

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis kesalahan berbahasa pada anak usia 3 tahun pada aspek fonologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ujaran yang diucapkan oleh anak usia 3 tahun.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak bernama Aisyah Dzakiyyah dan objek penelitian ini adalah analisis kesalahan berbahasa dalam aspek fonologi.

Data di kumpulkan  dengan teknik simak , serta menggunakan teknik lanjutan yang berupa teknik rekam dan catat. Data di analisis secara deskriptif. Setelah memperoleh data, kemudian data tersebut di visualisasikan dalam sebuah tabel yang berfungsi memudahkan peneliti untuk menunjukkan hasil data yang diperoleh serta melihat perubahan fonem yang duicapkan oleh anak tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 25 tuturan yang diucapkan oleh anak umur 3 tahun untuk menjadi sampel penelitian. Terdapat beberapa perubahan bunyi pada tuturan yang diujarkan anak tersebut. Munculnya perubahan bunyi ini disebabkan oleh belum sempurnanya alat ucap pada anak tersebut.(cakap)

References

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan; Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ariningsih, N. E., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 1(1).

Chaer, A. (2011). Tata Bahasa Indonesia Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Muslich, M. (2008). Fonologi bahasa Indonesia: Tinjauan deskriptif sistem bunyi bahasa Indonesia. Bumi Aksara.

Mustika, I. (2017). Sikap Profesional Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. Semantik, 2(2), 47–54.

Permana, I. (2017). Majas kiasan dalam naskah berita sepak bola di harian berita olahraga Topskor. Semantik, 3(1).

Sudrajat, R.T & Kasupardi, E. (2018). Teori Belajar Bahasa. Logoz Publishing.

Sugiyono. (2015). N

Metode Penelitian, Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Tarigan Henry Guntur. (2019). psikolinguistik. angkasa.

Published

2020-10-29