Pembelajaran Menulis Teks Drama Menggunakan Metode Mind Mapping Berbantuam Media AudioVisual

Authors

  • Milah Hamirulloh IKIP SILIWANGI

Keywords:

Drama Text, Mind Mapping, Audio Visuals

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran menulis teks drama pada siswa kelas VIII D MTSN 4 Bandung Barat selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan daya kreativitas siswa dengan menggunakan metode mind mapping. Menulis teks drama merupakan sebuah cerita yang dituangkan dalam bentuk dialog. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut (1) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran menulis teks drama menggunakan metode mind mapping berbantuan media audiovisual (2) Kesulitan-kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam menulis teks drama menggunakan metode mind mapping berbantuan media audiovisual. Peneliti menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII D MTSN 4 Bandung Barat. Pada implementasi pembelajaran menulis teks drama menggunakan metode mind mapping sudah sesuai dengan RPP, untuk kesulitan-kesulitan siswa dalam menulis teks drama yaitu disebabkan karena siswa tidak memahami unsur-unsur dan kaidah kebahasaan teks drama. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan dari aktivitas siswa dalam mengikuti langkah-langkah pembelajaran metode mind mapping berbantuan media audiovisual siswa sudah melakukan pembelajaran dengan baik dan  dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks drama dengan metode mind mapping siswa tidak bosan dan membuat siswa lebih semangat dalam proses pembelajaran terutama dalam menulis teks drama.

References

Dewi, S. M., & Sobari, T. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI SMK Citra Pembaharuan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(6), 989–998.

Fauziya, D. S. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Drama Menggunakan Model Example Non Example Berbantuan Media Gambar Karikatur. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3, 219–228.

Firmansyah, F., & Firmansyah, D. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Cerita Lucu Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(4), 585–590. https://doi.org/10.22460/P.V1I4P585-590.956

Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro, Vol. 5, No, 1–10.

Janosik, S. M. (2005). Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII A MTs Nurul Islam Air Bakoman Kabupate Tanggamus. NASPA Journal, 42(4), 1. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Putri, W. L., & Widihastrini, F. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Metode Mind Mapping Dengan Media Audiovisual. Joyful Learning Journal, 3(2), 8–16. https://doi.org/10.15294/jlj.v3i2.5901

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Published

2020-10-29