Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa kelas XI SMK Al-Ihsan Batujajar Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Moch. Akbar Maulana IKIP Siliwangi bandung

Abstract

Abstract

 

This article discusses learning to write short story texts using a process skills approach. The skill of writing short story texts is generally a skill that is difficult for students to master. Creativity in creating short story texts is often an obstacle for students. Similar themes and similar story ideas make the short story text of students less attractive. The purpose of this study was to determine the application of the process skills approach in learning to write short stories. This research was conducted on students of SMK Al-Ihsan Batujajar. The method applied is a quasi-experimental method. The form in effect is the pre-test design - the final group test. The sample applied in the study was 26 students of class XI Multimedia at SMK Al-Ihsan Batujajar. The results of the study concluded that the process skills approach was effectively applied in learning to write short stories. The results of the achievement of student scores found an increase after being given the process skills approach treatment. The mean score of the students 'pre-test was 47.4 and the average of the students' final test scores was 63.50. There was an increase in the students' mean score of 16.1

 

Keywords:        Writing Skills, Writing Short Stories, Process Skills Approaches

 

Abstrak

 

Artikel ini mendiskusikan tentang pembelajaran menulis teks cerita pendek dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Keterampilan menulis teks cerita pendek umumnya adalah keterampilan yang sulit dikuasai siswa. Kreatifitas dalam menciptakan teks cerita pendek sering menjadi kendala oleh siswa. Tema yang mirip dan ide cerita yang juga mirip membuat teks cerita pendek siswa kurang menarik. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK Al-Ihsan Batujajar. Metode yang diberlakukan adalah metode quasi eksperimen. Bentuk yang diberlakukan adalah desain tes awal - tes akhir grup. Sampel yang diberlakukan dalam penelitian adalah siswa kelas XI Multimedia di SMK Al-Ihsan batujajar yang berjumlah 26 orang. Penelitian mengonklusikan bahwa pendekatan keterampilan proses efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Hasil pencapaian bobot nilai siswa menjumpai pertambahan setelah diberikan perlakuan pendekatan keterampilan proses. Rata-rata nilai tes awal siswa sebesar 47,4 dan rata-rata nilai tes akhir siswa sebesar 63,50. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 16,1.

 

Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Menulis Cerita Pendek, Pendekatan Keterampilan Proses

Published

2020-10-29