CAMPUR KODE NETIZEN DALAM KOMENTAR INSTAGRAM PERSIB OFFICIAL

Authors

  • Ika Setiawati IKIP Siliwangi
  • Ika Mustika IKIP SILIWANGI
  • Restu Bias Primandhika IKIP SILIWANGI

Keywords:

Campur Kode, Komentar Netizen, Instagram

Abstract

Pada saat ini teknologi informasi mengalami perkembangan yang cukup pesat dan tentunya membawa perubahan dalam masyarakat. Penggunaan media sosial yang semakin tinggi sejalan dengan mudahnya akses internet bagi banyak orang. Jejaring sosial salah satunya instagram memudahkan netizen memperoleh informasi secara cepat. Dalam berkomunikasi netizen selaku pengguna media sosial menggunakan bahasa yang berbeda, misalnya muncul campur kode yang mencampuradukkan bahasa satu ke bahasa yang lain, pada komentar netizen di akun instagram Persib Official. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk campur kode yang terdapat pada komentar instagram  Persib Official pada bulan maret 2020. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui hasil rekam data tangkap layar (screenshot) pada komentar yang dianggap terdapat campur kode. Hasil penelitian menunjukkan adanya campur kode bentuk kata, ungkapan, baster, frasa, dan klausa.

References

Abdul Chaer. (2003). Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astuti Alawiyah. (2016). Alih Kode dan Campur Kode Dalam Acara Talk Show Just Alvin di Metro TV dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Revista Brasileira de Ergonomia, 9(2), 10. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. Retrieved from https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum, jakarta. Rineka Cipta.

Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Indriyani, Y. (2019). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Penjual Dan Pembeli Di Pasar Prembun Kabupaten Kebumen (Sebuah Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Bahtera-Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya, 6(12).

Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa, cet. ke-20. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, J. (2014). Lexy, Metodologi Penelitian kualitatif, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya bandung.

Mustika, I. (2013). Sikap Profesional Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 47–54.

Ningrum, F. (2019). ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM POSTINGAN Di AKUN INSTAGRAM YOWESSORRY. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(2), 119–125.

Primandhika, R. B. (2018). No Title. Artikel.

Saddhono, K. (2012). Pengantar Sosiolinguistik Teori dan Konsep Dasar. Surakarta: UNS Press.

Widyaningrum, H. K. (2018). Campur Kode Siaran Radio Most FM Penyiar Ari di Kota Malang. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 3(1), 49–54.

Downloads

Published

2021-02-06