PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII
Keywords:
learning writer, explanatory text, problem based learning methodAbstract
References
Firmansyah, D. (2018). Analysis of Language Skills in Primary School Children (Study Development of Child Psychology of Language). PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 2(1), 35–44.
Kosasih, E. (2016). (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013.
Kosasih, E. (2017). Buku SIswa Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta Pusat Kurikulum dan Pemrbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kumar, R., & Refaei, B. (2017). Problem-Based Learning Pedagogy Fosters Students’ Critical Thinking About Writing. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2), 1–10.
Novita, A., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 4(2).
Patonah, S., Syahrullah, A., Firmansyah, D., & Fauziya, D. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Di Kelas X SMK Lentera Bangsa. Parole, 1(5), 807–814.
Putri, N. H. Z. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Jurnal FBS Universitas Negeri Padang.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Saadah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Ktri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Smp Padangratu. Jurnal Online Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1).
Suhara, A.M., & San Fuziya, D. (2017).Penerapan Strategi Active Learning Tipe Kontrak Belajar Dalam Kegiatan Menulis Artikel. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 71-85.
Wijnen, M., Loyens, S. M. M., Smeets, G., Kroeze, M. J., & Van der Molen, H. T. (2017). Students’ and teachers’ experiences with the implementation of problem-based learning at a university law school. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2), 1–11.
Wikanengsih. (2013). Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 19 (2), P. 177-186.