Menelisik Makna Entailment dan Implikatur Pada Iklan Partai Solidaritas Indonesia

Authors

  • Dian Fitri Anggraeni IKIP SILIWANGI
  • Wikanengsih Wikanengsih Wikanengsih IKIP Siliwangi
  • Alfa Mitri Suhara IKIP Siliwangi

Keywords:

Iklan, Entailment, Implikatur

Abstract

Iklan adalah media pemasaran, membantu layanan, promosi suatu produk yang bersifat informatif dan persuasif. Selain itu iklan juga dapat memberikan pengaruh pada pendengarnya atau pembacanya, sehingga jika terjadi penafsiran yang salah. Sifat iklan yang persuasif memberikan berbagai macam tafsiran pemaknaan pada penutur bahasa. Ada iklan yang bisa diartikan secara langsung dan ada pula makna yang tersembunyi didalamnya. Sehingga menimbulkan kegagalan paham pada penyimak iklan tersebut, apalagi iklan yang ditelevisi yang masih menjadi primadona dalam reting penyiarannya memungkinkan iklan yang ditelevisi yang dikonsumsi oleh masyarakat luas dan menimbulkan gagal penafsiran yang luas pula. Maka dari itu peneliti tertarik mengkaji tentang iklan.Iklan yang dikaji oleh peneliti ini merupakan iklan salah satu partai politik. Mengingat pada tahun 2019 merupakan tahun politik di Indonesia. Banyak iklan partai politik yang hanya ditelevisi. Salah satu yang menarik perhatin adalah iklan Partai solidaritas Indonesia yang memiliki multi tafsir di dalamnya. Penelitian ingin menunjukan keinginan yang disampaikan dalam iklan secara mutlak atau entailment dan ungkapan-ungkapan yang tersembunyi untuk sesuatu yang berbeda yang ada di dalamnya atau yang disebut dengan implikatur. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif untuk mengkaji makna iklan yang terdapat pada iklan partai Solidaritas Indonesia.Hasilnya Pengkajian menunjukan bahwa implikatur ATAU umpatan Makna hati iklan partai Solidaritas Indonesia LEBIH mendominasi dibandingkan DENGAN Makna entailment .

References

Anisatus, S., & Zainal, A. (2014). Efektifitas Iklan Politik Di Televisi (Studi

Deskriptif Kuantitatif Efektifitas Iklan Politik Aburizal Bakrie Versi Motivasi Anak

Indonesia Pada Pemilih Pemula Di Surabaya). Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2).

Arista, a E. D., & Astuti, S. R. T. (2011). dan Citra Merek terhadap Minat Beli

Konsumen.Arista , Astuti, 13(1)

Aryani. (2018). Analisis Entailment Dan Implikatur Pada Bahasa Iklan ( Dalam Kajian Pragmatik ). Universitas Pamulang.

Kosasih, R. A. A. (2016). Analisis Semiotik Citra Politik Hary Tanoesoedibjo Dalam Iklan Partai Perindo Di Televisi. UIN Jakarta 1(9).

Nada, Q. (2019). Kajian Pragmatik Talk Show Mata Najwa “ Cerita Dua Sahabat â€: Sastra

Indonesia Universitas Diponegoro, 1(Kajian Pragmatik), 1–46.

Nurjannah, A., & Suhara, A. M. (2019). Analisis Penggunaan Bahasa Daerah dalam Pembelajaran

Menulis Cerpen di Kelas IX SMPN 1 Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Parole (Jurnal Pendidikan

Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 255–262.

Nuryastini, Y., Nurdian, A. R., & Wikanengsih, W. (2018). Kemampuan Penggunaan Bahasa

Baku Mahasiswa Progrm Studi Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi di Media Sosial

Instagram. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(4), 475–480.

Additional Files

Published

2020-12-30