ANALISIS PENOKOHAN DAN NILAI MORAL DALAM NOVEL “DRUNKEN MAMA” KARYA PIDI BAIQ

Authors

  • Rizky Rosita Sulaeman IKIP Siliwangi

Keywords:

Nilai Moral, Deskriptif Kualitatif, Drunken Mama

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang menyatakan bahwa nilai moral dalam suatu novel itu penting. Novel sebagai sebuah karya sastra tulis harus memuat nilai moral agar dapat dijadikan sebagai teladan bagi setiap pembacanya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terkandung dalam novel “Drunken Mamaâ€. (2) Mendeskripsikan bentuk dan cara penyampaian nilai moral dalam novel “Drunken Mama†karya Pidi Baiq, dan (3) Bagaimana penokohan dalam novel “Drunken Mama†karya Pidi Baiq. Novel “Drunken Mama†mengandung humor yang dipaparkan sebagai salah satu bentuk penyampaian nilai moral yang ditulis dengan gaya bahasa khas seorang Pidi Baiq. Dalam penelitian ini penulis hanya terfokus pada tokoh utama yaitu “Pidiâ€. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif sebagai bentuk penelitian dan ditelaah dengan metode analisis wacana yaitu dengan mencari data yang bersifat apa adanya sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai moral seperti nilai sosial serta nilai etika dan kesusilaan yang mampu dijadikan sebagai motivasi bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari. Adapun nilai moral yang terdapat pada tokoh “Pidi†dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti nilai agama, nilai adat istiadat, dan nilai kesopanan.

References

Ahmadi, Y. (2020). Studi wacana. Bandung: Nawa Utama.

Ariesandi, D. (2017). Analisis unsur penokohan dan pesan moral dalam novel sang pemimpi karya Andrea Hirata sebagai upaya paemilihan bahan ajar apresiasi sastra di sma. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan dan Kesusastraan Indonesia.

Agustina, A. A., Agustin, M., & Ahmadi, Y. (2018). Strukur dan nilai moral cerpen “ keadilan .†Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1, 335–342.

Ahmadi, Y. (2018). Structure and stereotype in short story “selamat pagi, tuan menteri†karya Radhar Panca Dahana. JLER (Journal Of Language Education Research), 1(1), 1–6.

Ahmadi, Y., Aeni, E. S., & Marfuah, N. F. (2020). Struktur dan nilai moral cerpen “ barongsai merah putih †karya Ade Sugeng Wiguno. Semantik, 9(2), 137–146.

Ardiansyah, N., Sabri, Y., Sudrajat, R. T., Muslim, F., & Aprian, R. S. (2018). Analisis nilai religius dalam film negeri 5 menara yang diadaptasi dari novel Ahmad Fuadi. Parole.

Baiq, P. (2009). Drunken mama. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Laelasari, R., Paris, S., & Ahmadi, Y. (2018). Analisis unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter dalam cerpen “ kisah tiga kerajaan lampau .†Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1, 321–334.

Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi). PT. Remaja Rosda Karya.

Merriam-Webster, I. (2008). Merriam-webster online dictionary. In Springfield, MA: Author. Retrieved July.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori pengkajian fiksi / Burhan Nurgiyantoro. In Teori Pengkajian Fiksi.

Nurhayati, E. (2019). Cipta kreatif karya sastra. Bandung: Yrama Widya.

Published

2022-03-05