PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Keywords:
Writing, Poetry, Contextual ApproachAbstract
References
Ahmadi, Y. (2018). Pembelajaran wacana sebagai landasan dalam berliterasi sastra untuk meningkatkan karakter siswa. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 1(1).
Heriawan, A. dkk. (2012). Metodelogi pembelajaran kajian teoritis praktik. Banten: Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru.
Komalasari, K. (2011). Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kusumawardhani, R. B. U. (2017). Peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X sman 1 pakusari dengan metode kontekstual. Belajar Bahasa, 1(2).
Mustika, I., Latifah., & Primandhika. R. B. (2020). Pembelajaran saintifik berbasis ict untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kecamatan cagak kabupaten subang jawa barat. Abdimas Siliwangi, 03(2), 339–350.
Mustika, I., & Lestari, R. D. (2017). Hubunganminat baca dan kebiasaan membaca karya sastra terhadap kemampuan menulis puisi. Semantik, 5(2).
Nurhayati, E. (2019). Cipta kreatif karya sastra. Bandung: Yrama Widya.
Nurpadilah, S., & Kartini, C. (2018). Kemampuan menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode picture and picture di smk. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(4), 489–496.
Sari, A. M., Suwandi, S., & Anindyarini, A. (2015). Peningkatan motivasi belajar dan keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks melalui metode kooperatif tipe picture and picture pada siswa smk. BASASTRA, 3(3).
Siyoto & Sodik. (2015). Dasar metodelogi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sucipta, M. D (2019). Pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan kontekstual berinspirasi alam pedesaan pada siswa kelas v sd mahardika denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7(2), 12–22.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan metode discovery learning pada pembelajaran menulis teks anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(5), 713–720.
Warjayanti, G., Susilowati, E., & Syambasril, S. (2016). Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6, hlm. 1-10.