ANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN NILAI MORAL DALAM NOVEL “PELANGI DI ATAS CINTA” KARYA CHAERUL AL-ATTAR

Authors

  • Nurul Fitriah IKIP Siliwangi
  • Teti Sobari IKIP Siliwangi

Keywords:

Intrinsic elements, Moral value, Novel

Abstract

Masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai moral novel “Pelangi Di Atas Cinta†karya Chaerul Al-Attar. Instrinsik adalah unsur-unsur yang membuat sebuah novel yang lengkap dan layak, sehingga perlu untuk dikaji. Unsur intrinsik dan nilai moral dalam novel tersebut belum pernah diteliti sebelumnya. Oleh karena itu, peneliti berkesempatan untuk menganalisis novel secara detail. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan unsur intrinsik novel “Pelangi Di Atas Cinta†karya Chaerul Al-Attar, dan (2) mendeskripsikan nilai moral novel. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel “Pelangi Di Atas Cinta†karya Chaerul Al-Attar memiliki tema yaitu pemuda yang mengubah nasib wanita kupu-kupu malam, sosok yang memiliki karakter bervariasi, menggunakan paduan, dan menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai tokoh utama, dengan latar tempat, waktu, suasana, dan sosial. Pesan yang disampaikan dalam “Pelangi Di Atas Cinta†adalah kebebasan dalam hidup dan kehidupan yang telah ditetapkan oleh Tuhan dengan pasti. sedangkan nilai moral yang terkandung antara kekuatan lain, mempersembahkan persahabatan, cinta, dan kasih sayang pada sesama manusia.

References

Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. In Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Haris, M., & Suwartini, I. (2019). Analisis Jenis Trauma Tokoh Utama dalam Novel Peter Karya Risa Saraswati Sebagai Alterntif Bahan Ajar Sastra di SMA. Komposisi.

Kemal, I., Bahasa, P., Indonesia, S., Bina, S., & Getsempena, B. (2014). Jurnal Genta Mulia Volume V. Nomor 2. Juli-Desember. V, 1–15.

Khoerul Mar’ati, et al. (2019). Analisis Nilai Moral Dalam Novel “Laskar Pelangi†Karya Andrea Hirata. Karya Andrea Hirata |, 659, 659–666.

Maryam, Y., Putri, T. J., & Firmansyah, D. (2018). Analisis nilai moralitas pada tokoh utama dilan dalam novel Dilan (Dia Adalah Dilanku tahun 1990) karya Pidi Baiq. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(6), 929-936.

Nugraha, S., Suhendar, J. S., & Fauziya, D. S. (2019). Analisis Unsur Intrinsik Dan Nilai Moral Dalam Cerpen “Mengapa Orang Gila Membunuh Ustaz?†Karya Faris Alfaisal Pada Surat Kabar Republika Edisi 1 April 2018. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 115-122.

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra; Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. In Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suhendi, Y., T, S., & Nurhayati E. (2020). Analisis unsur intrinsik novel si camar jonathan livingston karya richard bach. Parole IKIP SIliwangi, 3(5), 713-720.

Susilawati, N., Sobari, T., & Wuryani, W. (2020). Analisis intrinsik pada novel “ perempuan di titik nol †karya nawal elsaadawi. Parole Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(November), 901–908.

Downloads

Published

2021-08-07