The Implementation of Scientific Approach to Increase Mathematical Problem Solving Ability on Junior High School Students
DOI:
https://doi.org/10.22460/jiml.v6i3.17580Keywords:
Scientific Approach, Mathematical Problem Solving Ability, Junior High SchoolAbstract
References
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/23601
Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.822
Iasha, V. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 18–36. https://core.ac.uk/download/pdf/230671344.pdf
Indahsari, A. T., & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 77–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p77-86
Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 210–218. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17629
Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34–46. https://core.ac.uk/download/pdf/228481981.pdf
Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1412
Nahdi, D. S., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://unma.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/1119
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214–1223.
Parahita, I. N., Santiyadnya, N., & Sutaya, I. W. (2019). Learning Community untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perawatan PC. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(3), 118–127. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpte.v8i3.23977
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Rahmawati, D., Fitrianna, A. Y., & Afrilianto, M. (2022). Penerapan Model PBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1725–1734. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/11050
Setiawan, A. R. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Melatih Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi pada Topik Gerak Lurus di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SiNaFi), 2018, 7–13. https://www.researchgate.net/profile/Adib-Rifqi-Setiawan/publication/334083435
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01). https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/175
Widiastuti, E., Tegeh, I. M., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(2), 241–250.
Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 13(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/9307
Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425–432. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228