PENERAPAN MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI HIMPUNAN
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.11050Keywords:
Problem Based Learning, Mathematical Problem Solving, SetsAbstract
References
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10.
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Polyglot: Jurnal Ilmiah , 14(1), 9–18.
Fadhly, J. H. (2018). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Model Kooperatif Group Investigation Di Sma Swasta Al-Ulum Medan T.A . (Skripsi). Universitas Negera Medan, Medan.
Fitriyah, S. L., & Haerudin, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 147–162. https://doi.org/10.30738/union.v9i2.9524
Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Peserta Didik. Bandung: Refika Aditama.
Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jingsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Unnes, 6(2010), 53-57.
Lestanti, M. M., Isnarto, I., & Supriyono, S. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model Problem Based Learning. . Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 17–23. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9343
Marlina, R., Nurjahidah, S., Sugandi, A. I., & Setiawan, W. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTs pada Materi Perbandingan dan Skala. . JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 113–122.
Minarni, A. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Negeri di Kota Bandung. Jurnal Paradikma, 6(2), 162–174.
Napitupulu, & Mansyur. (2011). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri Parongpong Kabupaten Bandung Barat). Generasi Kampus, 4(1), 139–148.
Nurdalillah, E. S., & Armanto, D. (2014). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika dan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMA negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2).
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. . Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.
Rahmawati, N., & Maryono. (2018). Pemecahan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Berdasarkan Model Polya pada Siswa Kelas VIII MTs Materi Pokok SPLDV. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 23–34.
Soimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA . Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189–197.
Suyitno, A. (2004). Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Matematika. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang, Semarang.