Analysis of Interest in Learning Mathematics of Junior High School Students Using Open-Ended Approach Geogebra Assissted
DOI:
https://doi.org/10.22460/jiml.v6i3.17742Keywords:
Interest in Learning Mathematics, Open-Ended Approach, Geogebra AssisstedAbstract
References
Aedi, W. G. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika dengan Pendekatan Open-Ended. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 41–46. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.691
Ameliana, Y., Rosyana, T., & Purwasih, R. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Sub Materi Kubus dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Software GeoGebra. PRISMA, 11(1), 230–239. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2127
Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). Faktor-faktor Penyebab Kecemasan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–10. http://hdl.handle.net/11617/7611
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Andreansyah, & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MTs Kelas VIII dalam Pembelajaran Matematika melalui Aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315–322. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315-322
Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. 1(1), 283–290.
Jaya, M. R., & Fitriani, N. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Di Cimahi Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Berbantuan Software Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 869–876. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/9651
Khayati, F., Sujadi, I., & Saputro, D. R. S. (2016). Pengembangan Modul Matematika untuk Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7), 608–621. https://core.ac.uk/reader/289791300
Lestari, N., Hartono, Y., & Purwoko. (2016). Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 81–95. https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3284.81-95
Lindawati, S., & Hendri, M. (2016). Penggunaan Metode Deskriptif Kualitatif untuk Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIKOM), 833–837. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/semnastikom2016/article/view/197
Manalu, A. C. S., Jumiati, Y., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbantu Aplikasi Geogebra. Journal on Education, 2(1), 63–69. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.273
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 659–663. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Nazirun, N., Gazali, N., & Fikri, M. (2019). Minat Siswa terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP YLPI Pekanbaru. Jurnal Penjakora, 6(2), 119–126. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20898
Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika. Journal On Teacher Education, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.514
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. SPEJ (Science and Phsics Education Journal), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71–80. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978
Pratama, L. D., Lestari, W., & Jailani. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik melalui Problem Based Learning terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1051
Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa pada Pembelajaran Geometri di SMPN 2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106–1114. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.351
Sulasmi, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Ditinjau dari Aspek Manajemen Minat Belajar Siswa. Jurnal Manajemen, 1(1), 10–17. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/3920/pdf
Suwarno, M. (2016). Kombinasi Quantum Learning dan Media Motivasi “Mathemagic†untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, 128–137. http://surl.li/fenea
Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. B. (2020). Penggunaan Media Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Ruang untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 163–171. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12049
Yuniawatika, Yuspriyati, D. N., Sani, I., & Febriyanti. (2016). Perkembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di LPTK Bandung Raya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 233–246. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.279