Pengembangan Bahan Ajar Materi Interaksi Sosial Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.12206Keywords:
bahan ajar, STADAbstract
Bahan ajar merupakan alat atau bahan yang berisi materi pelajaran dan disusun secara sistematis agar tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses pengembangan bahan ajar materi interaksi sosial berbasis model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kalayakan bahan ajar menurut ahli dan praktisi, dan kepraktisan. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R & D) dengan model Borg and Gall yang dibatasi sampai langkah ke sembilan. Subjek penelitan adalah siswa kelas V SD. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar dapat digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran. Kelayakan bahan ajar memperoleh hasil dari ahli materi sebesar 88 %, ahli media sebesar 93%, dan praktisi sebesar 82%. Dari ketiga penilaian tersebut menunjukan kelayakan bahan ajar termasuk kategori sangat layak. Hasil respon siswa pada uji terbatas 87% dan uji coba luas sebesar 90% atau dapat dikatakan sangat praktis. Maka dari itu, pengembangan bahan ajar ini layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Achmadi, & Basri, M. (2021). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Pasal 33 1945. Jurnal VISI ilmu Pendidikan, 12(1), 53-59.
Adeliawati, D. N., Dewi, S,M, & Haerudi. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary School Education, 1(1), 18-29.
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Arifin, Z. (2017). Kriteria instrumen dalam suatu penelitian. Jurnal Theorems (the original researchof mathematics), 2(1), 28-36.
Dewi, C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah sosial IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandu, 5(2), 155-167.
Divan, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 101-114.
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model stad dalam meningkatkan hasil belajar siswa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.
Hamdi, H. (2013). Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan Moodle Pada Kompetensi Mengamati Gejala Alam Dan Keteraturannya Untuk Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI Semester I. Pillar of Physics Education, 1(1).
Hanafi. (2017). Konsep penelitian R & D dalam bidang pendidikan. Banten: UIN Sultan Maulana Hassanuddin Banten, 4(2), 129-150.
Haryanto, T. S., Dwiyogo, W. D., & Sulistyorini, S. (2016). Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media Interaktif di Smp Negeri 6 Kabupaten Situbondo. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 123-128.
Haryati, S. (2012). Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 11-26.
Hidayati, N., & Istiati, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembeljaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 178-185.
Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using untuk Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 113-124.
Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science for Kids Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 10-17.
Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Bandung: LEKKAS.
Kustianingsari, N., & Dewi, U. (2015). Pengembangan media komik digital pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema lingkungan sahabat kita materi teks cerita manusia dan lingkungan untuk siswa kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2), 1-9.
Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6 (3), 251-263.
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.
Mardiana, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 87-91.
Marheni, N. L. G., Sujana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS kelas V SD no. 8 Padangsambian Denpasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253-263.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: jurnal ilmu pengetahuan sosial, 1(1).
Novayana, I. G., Margunayasa, I. G., & Renda, N. T. (2021). Bahan Ajar E-Modul Intaraktif Muatan IPA Materi Zat Tunggal dan Campuran. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 59-68.
Prasetyo, L. A. (2015). Pengembangan Game Edukasi “Merakit Komputer Yuk” Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Keras Dan Perakitan Komputer Untuk Peserta Didik SMK Kelas X Di SMK Batik Perbaik Purworejo. Yogyakarta. Jurnal Pendidikan.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.
Sutarto, S. (2017). Teori kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 1-26.
Wijaya, H., & Arismuandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.
Yanti, Y., & Asrizal, A. (2019). Pengertian, Jenis-jenis, Dan Karakteristik Bahan Ajar Cetak Maliputi Hand Out, Modul, Buku (diktat, Buku Ajar, Buku Teks), LKS Dan Pamflet.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Siti Patimah, Jajang Bayu Kelana, Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas IV , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Risky Tri Juniar, Ruli Setiyadi, Evi Susanti, Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Teks Cerita Siswa Kelas IV SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Rai Restu Gustina, Asep Kurnia Jayadinata, Pengaruh Bahan Ajar Power Point Interaktif Dengan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Pelajaran Pkn Kelas V SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Indira Salshanabila Putri, Jajang Bayu Kelana, Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Tata Surya Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division Berbantuan Aplikasi Solar System Scope Dan Book Creator Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Kelas VI Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Vinka Riantini Rukman, Asep Samsudin, Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Riska Agni Rahayu, Ruli Setiyadi, Evi Susanti, Pengembangan Bahan Ajar Materi Laporan Wawancara dengan Menggunakan Pendekatan Open Ended Berbantuan Video untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Menulis Kelas IV SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Juniar Maulani, Jajang Bayu Kelana, Asep Kurnia Jayadinata, Pengembangan LKPD Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Greesla Anggera Jaya, Jajang Bayu Kelana, Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bar Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
You may also start an advanced similarity search for this article.