Media Smart Board: Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini

Penulis

  • Cucu Mulyani KOBER Mekar Arum, Jl. Maleber, Barat Kota Bandung
  • Sharina Munggaraning Westhisi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. https://orcid.org/0000-0002-8827-9282
  • Regita Musfita Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Kata Kunci:

Numeracy Skills, Smart Board Media, Early Childhood

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berhitung anak yang masih belum berkembang. Untuk itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui media pembelajarna yang menarik yaitu dengan  media smart board. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatkan kemampuan berhitung kelompok B di KOBER Mekar Arum dengan menggunakan media smart board. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 12 anak, 8 laki-laki dan 4 perempuan. Adapun tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukan adanya peningkatan kemampuan berhitung, pada awalnya masih ada beberapa anak yang belum berkembang. Kemudian setelah dilakukan penelitian pada tahap pertama beberapa anak yang belum berkembang sudah mulai berkembang (MB) dan sampai pada tahap terakhir kemampuan anak berkembang sangat baik (BSB). Dengan demikian penggunaan media smart board dapat meningkatkan kemampuan berhitung kelompok B di KOBER Mekar Arum.

Referensi

Mirantika, V., Syafri, F., & Surahman, B. (2020). Permainan papinka untuk meningkat-kan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Al Fitrah: Journal Of Early Child-hood Islamic Education, 3(2), 181-194.

Mursida, A. Pengembangan media pembelajaran berbahan tutup botol bekas dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5–6 tahun di RA Al-Hafizh H. Ali Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). http://repository.uinsu.ac.id/11114/

Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis pembelajaran berhitung me-lalui media prisma pintar pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 230-236. 10.31004/obsesi.v4i1.311

Nisa, A., Oktavianti, Y. M., & Sumitra, A. (2019). Meningkatkan kecerdasan logis ma-tematis pada kelompok b anak usia dini melalui media pembelajaran dadu angka pada kelompok B. Jurnal Ceria, 2(6), 347-353.Rukin (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/3386

Sholihah, A. M., & Fatimah, S. (2020). Penerapan media tutup botol bekas untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswadi ra muslimat nu 007 gandu i mlarak po-norogo. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 1(1), 19-36. https://doi.org/10.37680/almikraj.v1i1.544

Siagian, N., Rohaeti, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Penerapan media pembelajaran jepitan dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini. CERIA (Cer-das Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 202-209. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p202-209

Sriningsih, N. ( 2018). Pembelajaran matematika terpadu untuk anak usia dini. Ban-dung: Pustaka Sebelas

Tasliyah, L., Nurhayati, S., & Nurunnisa, R. (2020). Mengembangkan kecerdasan logika matematika anak usia dini melalui ape kids ‘n kit. Jurnal CERIA (Cerda Energik Re-sponsif Inovatif Adaptif), 3(4), 307-314. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-27