Penggunaan Media Pop Up Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II Materi Hidup Rukun Dalam Keberagaman SDN Pandeanlamper 03 Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh media pop up terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila pada siswa kelas II di SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi hidup rukun dalam keberagaman. Dalam konteks ini, penting bagi guru untuk menggunakan media yang dapat membangkitkan minat belajar siswa, yang pada akhirnya akan memengaruhi hasil belajar mereka. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah 25 siswa kelas II. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil belajar siswa (Pretest-Posttest) dan observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata pretest 61,6 dan nilai rata-rata posttest 83,6, artinya hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil hipotesis yang didapatkan melalui uji paired sample test (uji t) menunjukkan nilai > dengan nilai 7,064 > 2,056 maka ditolak dan diterima. Hasil rata-rata yang dilakukan melalui uji gain didapatkan 0,53 masuk kedalam katagori tinggi, artinya terdapat pengaruh penggunaan media Pop Up untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Pandeanlamper 03 Semarang.
Kata Kunci: Media Pop Up, Materi hidup rukun dalam keberagaman, Pendidikan Pancasila
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitria Hijratul Arsy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.