Analisis hasil karya relief pada pembelajaran seni rupa kelas IV di SD Negeri Mendut

Authors

  • Vina Meilinda Universitas Negeri Yogyakarta
  • Fauziah Dwi Rohmawati Universitas Negeri Yogayakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil karya relief peserta didik kelas IV pada pembelajaran seni rupa yang berbasis kearifan budaya lokal di SD Negeri Mendut berdasarkan teori perkembangan gambar anak menurut Victor Lowenfeld dan Lambert Brittain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis karya seni rupa anak. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, wawancara kepada guru kelas dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karya relief siswa yang bertema relief binatang di candi Mendut berada pada tahap perkembangan sesuai teori Lowenfeld yaitu realisme awal (dawning realism). Pada tahap ini siswa menunjukkan kemampuan membuat karya relief dengan objek secara simbolis yang menampikan proporsi dan komposisi yang sederhana. Penelitian ini juga menemukan bahwa pembuatan karya seni rupa relief dapat meningkatkan ketrampilan motorik, kreativitas, dan imajinasi anak. Kegiatan pembelajaran seni rupa yang terintegrasikan dengan relief binatang di candi Mendut juga dapat dijadikan sebagai sarana mengenalkan nilai-nilai kearifan budaya budaya lokal kepada peserta didik. 

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles