Peremajaan infrastruktur fisik sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SD Muhammadiyah 5 Malang

Peremajaan infrastruktur fisik sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SD Muhammadiyah 5 Malang

Authors

  • Faris Rizal Andardi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rizki Amalia Tri Cahyani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Yunan Rusdianto Universitas Muhammadiyah Malang
  • Azhar Adi Darmawan Universitas Muhammadiyah Malang https://orcid.org/0000-0001-9491-7570

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v8i2.26960

Keywords:

pendidikan, SDGs 4, peremajaan infrastruktur, kualitas pembelajaran.

Abstract

Pendidikan yang berkualitas merupakan bagian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk memastikan akses pendidikan yang layak dan inklusif bagi semua orang. Fasilitas belajar yang memadai memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan. SD Muhammadiyah 5 Malang memiliki bangunan yang layak dengan prasarana pembelajaran yang cukup lengkap, namun prasarana ruang kelas memerlukan peremajaan, terlihat dari dinding kelas yang terlihat kusam dan kusen jendela yang mengalami kerusakan. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas prasarana sekolah sehingga dapat menambah semangat belajar siswa dan mendukung kemajuan pendidikan. Metode pelaksanaan meliputi peningkatan kondisi fisik ruang belajar yang mencakup pengecatan ulang dinding dan penggantian kusen jendela di ruang kelas 5. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peremajaan ruang kelas secara signifikan meningkatkan kenyamanan dan estetika ruang belajar. Dengan kondisi infrastruktur yang lebih baik, diharapkan kualitas pendidikan di SD Muhammadiyah 5 Malang semakin meningkat dan dapat mendorong tercapainya pembangunan berkelanjutan di bidang pendidikan.

References

Andardi, F. R., Cahyani, R. A. T., & Rusdianto, Y. (2024). Revitalization of Kindergarten Landscape to Encourage Early Childhood Education in Rural Areas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 629–636. https://doi.org/10.32815/jpm.v5i2.2241

Barrett, P., Treves, A., Shmis, T., Ambasz, D., & Ustinova, M. (2019). The Impact of School Infrastructure on Learning: A Synthesis of the Evidence. In The Impact of School Infrastructure on Learning: A Synthesis of the Evidence. https://doi.org/10.1596/978-1-4648-1378-8

Darmawan, A. A., & Setyono, E. (2023). Iptek Bagi Masyarakat dalam Rangka Pendampingan Gambar Teknik dan Anggaran Biaya di Kawasan Perumahan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5648

Diemer, A., Khushik, F., & Ndiaye, A. (2020). SDG 4 “Quality Education”, the Cornerstone of the SDGs: Case Studies of Pakistan and Senegal. Journal Of Economics And Development Studies, 8(1). https://doi.org/10.15640/jeds.v8n1a2

Fanani, M. A. (2023). The Urgency of Facilities and Infrastructure in Improving the Quality of High School Education. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 38–44. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.6

Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud, 021.

Kurniasih, U., & Gunawan, H. I. (2021). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 5(2), 92. https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i2.p92-98.9654

Meliyana, A., Arham, A., Panigoro, M., Hafid, R., Hasiru, R., & Sudirman, S. (2023). Pengaruh Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 26–33. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i2.17904

Nassar, F. S., Abbas, A. O., & Al-Sify, H. (2024). Enhancing Quality of Learning Experiences for Students with Disabilities in Higher Education Institutions in Alignment with Sustainable Development Goals. Journal of Ecohumanism, 3(7). https://doi.org/10.62754/joe.v3i7.4601

Sari, Y., Ikhwan, M. S., & Iffah, R. D. L. (2024). Management Of Infrastructure Facilities In Improving The Quality Of Education At Sd Nahdlatul Ulama, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.30601/dedikasi.v8i2.4860

Suryadi, M., & Tanjungpura, U. (2024). Deskripsi Infrastruktur Pendidikan di Daerah Perbatasan dan Terpencil. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1(1), 262–269. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jppk.v1i01.87344

United Nations. (2015). About the Sustainable Development Goals - United Nations Sustainable Development. In Sustainable Development Goals.

Utami, I. T. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. Jurnal Sekretaris Dan Administrasi(Serasi), 18(2), 13–23.

Utsman, M., Bahtiar, B., & Yakin, N. (2022). Upaya Meningkatkan Infrastruktur Pembelajaran Dan Lingkungan Untuk Berkelanjutan Praktik Mutu Pendidikan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 7(2), 143–152. https://doi.org/10.15575/isema.v7i2.18626

Wößmann, L., & Hanushek, E. (2007). The Role of Education Quality in Economic Growth The Role of School Improvement in Economic Development. World Bank Policy Research Working Paper 4122.

Yangambi, M. (2023). Impact of School Infrastructures on Students Learning and Performance: Case of Three Public Schools in a Developing Country. Creative Education, 14(04), 788–809. https://doi.org/10.4236/ce.2023.144052

Downloads

Published

2025-06-08

Issue

Section

Articles
Loading...