Pelatihan public speaking berbasis storytelling untuk mendorong kepercayaan diri remaja di Kecamatan Kramatmulya

Pelatihan public speaking berbasis storytelling untuk mendorong kepercayaan diri remaja di Kecamatan Kramatmulya

Authors

  • Remal Remal UNIVERSITAS KUNINGAN
  • Vina Agustiana
  • Rissa Melinda Putri
  • Puji Nur Aisyah

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27286

Keywords:

public speaking, storytelling, kepercayaan diri

Abstract

Kemampuan public speaking merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang sangat berperan dalam pembentukan kepercayaan diri remaja, terutama di tengah tantangan sosial emosional pada masa perkembangan identitas diri. Artikel ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan mendeskripsikan pelatihan public speaking berbasis storytelling sebagai strategi untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja di Kecamatan Kramatmulya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dalam tiga sesi pelatihan di SMPN 1 Kramatmulya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, praktik langsung, dan evaluasi reflektif peserta. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan storytelling efektif meningkatkan keberanian verbal, koherensi narasi, dan intensitas kontak mata siswa saat berbicara di depan umum. Temuan ini memperkuat konsep self-efficacy dalam pengembangan komunikasi interpersonal remaja dan memberikan kontribusi pada pengembangan metode pelatihan yang lebih afektif dan partisipatif di lingkungan sekolah. Kesimpulannya, storytelling sebagai metode pelatihan public speaking mampu menciptakan ruang aman dan ekspresif bagi remaja untuk membangun rasa percaya diri mereka. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang dan perluasan implementasi di berbagai konteks pendidikan.

Kata Kunci : public speaking, storytelling, kepercayaan diri

References

Agustiana, V., Wulan Rahmatunisa, Endang Darsih, & Nida Amalia Asikin. (2022). Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling Di Desa Kalimanggis Wetan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 159–164. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i6.212

Azzahra, A., Suriyati, S., Suriati, S., & Mytra, P. (2023). Tingkatkan Percaya Diri Melalui Pelatihan Public Speaking Sejak Dini di SDN 48 Lappae. Jurnal Panrita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.47435/jcs.v2i1.2210

Barua, S. (2023). Digital Storytelling: Impact on Learner Engagement and Language Learning Outcomes. International Journal of Academic and Applied Research, 7(June), 25–39. www.ijeais.org/ijaar

Chan, C. (2019). Using digital storytelling to facilitate critical thinking disposition in youth civic engagement: A randomized control trial. Children and Youth Services Review, 107(July), 104522. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.104522

Darsih, E., Agie Hanggara, & Cucu Suhartini. (2023). Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Siswa Melalui Pembelajaran Public Speaking Pada SD Negeri 1 Desa Cipakem Kecamatan Maleber. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.223

Destrity, N. A., Wardasari, N., Rakhmawati, F. Y., & Alfira, N. (2024). Pelatihan Public Speaking untuk Meningkatkan Kemampuan Mengekspresikan Gagasan sebagai Aktualisasi Diri Siswa SMA di Kota Malang. 5(1), 43–53.

Fatmah, N., Anward, H. H., & Mayangsari, M. D. (2021). Efikasi Diri dan Kepercayaan Diri Mahasiswa PGSD terkait Kecemasan Berbicara di Depan umum. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v1i1.558

Handayani, F., Hidayanto, D. N., & Pratiwi, Y. S. (2024). Effectiveness Storytelling Technique Group Guidance Services to Improve Speaking Ethics in Class VII Students of State Junior High Schools 38 Samarinda Academic Year 2023 / 2024. 8(2), 2369–2375. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.

Herayati, Irawan, Y., & Ramdani. (2022). Pentingnya Bahasa Inggris untuk Anak-anak dan Remaja Nagari Limau Purut Tapan. 02(01), 20–24.

Karyadi, A. C. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 4(2), 11–20. https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i02.70

Labov, W., & Waletzky, J. (1997). Narrative analysis: Oral versions of personal experience.

Mashudi, T., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun Kepercayaan Diri Remaja Melalui Pelatihan Public Speaking Guna Menghadapi Era Industri 4.0. Abdi Psikonomi, 1, 79–78. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.214

Maulana, A. (2024). Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Operasional Formal. Al-Ahnaf: Journal of Islamic Education, Learning and Religious Studies, 1(1), 12–21. https://doi.org/10.61166/ahnaf.v1i1.7

Mehrabian, A. (2017). Nonverbal communication. Routledge.

Molo, A., Sole, V. J., Isavela, I. E., Satu, N., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., Katolik, U., Mandira, W., City, L., City, K., & Nusa, E. (2025). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Storytelling. 1.

Morreale, S., Rubin, R. B., & Jones, E. (1998). Speaking and listening competencies for college students. English, 26.

Nkanu, C. U., Asogwa, U. D., Bisong, A. E., Imoke, J. E., Effiong, A. A., Ekpo, E. E., Abam, O. G. T., Idaka, E. I., Kingsley, C. E., Monity, F. M., Akpo, F. A., Bessong, E. B., Ekpoto, D. F., & Adie, P. I. (2024). Effect of Digital Storytelling on Secondary School Students’ Self-Efficacy in Civic Education. International Journal of Information and Education Technology, 14(6), 883–889. https://doi.org/10.18178/ijiet.2024.14.6.2114

Oyinkanola, L. O. A., Aremu, O. A., Fajemiroye, J. A., & Makinde, S. O. (2023). On the physical significance and di-electric response of Castor oil processed in Nigeria as transformer insulating fluid. VIII(2454), 60–66. https://doi.org/10.51584/IJRIAS

Putri, I. S. R., & Tantiani, F. F. (2021). Peran Self-Efficacy pada Remaja dalam Menghadapi Stress Sekolah. Jurnal Sains Psikologi, 10(5), 1–8.

Rizzi, V., Pigeon, C., Rony, F., & Fort-Talabard, A. (2020). Designing a creative storytelling workshop to build self-confidence and trust among adolescents. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100704

Romaria, G. (2021). The Influence of Storytelling Method on the Public Speaking Communication Skills among the Students of Mercu Buana University Meruya West Jakarta. Asian Journal of Humanities and Social Studies, 9(4), 151–159. https://doi.org/10.24203/ajhss.v9i4.6709

Rusuli, I. (2022). Psikososial Remaja: Sebuah Sintesa Teori Erick Erikson Dengan Konsep Islam. Jurnal As-Salam, 6(1), 75–89. https://doi.org/10.37249/assalam.v6i1.384

S, S., Marini, & Irawadi, S. (2025). Pelatihan Public Speaking dan Ilmu Komunikasi Bagi Siswa Di SMP Negeri 4 Pangkalpinang. 4(1), 23–27.

Susyetina, A., Chriswiyati, E. P., & Lase, S. (2022). Pelatihan Public Speaking untuk Siswa SMA Budi Utama. Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 117–126. https://doi.org/10.24167/patria.v4i2.4080

Tasman, Sasmita, H., Fadriyanti, Y., Rachmadanur, N., & Amri, L. F. (2020). Peningkatan Self Efficacy Remaja Berisiko Menggunakan Terapi Psikoedukasi dengan Musik. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 92–101. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1515

Wael, A., & Hasanudin, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa melalui Teknik Storytelling di Medina English Club. Jurnal IImu Pendidikan, 9 (2)(2), 73–77.

Downloads

Published

2025-06-08

Issue

Section

Articles
Loading...