Pelatihan public speaking berbasis storytelling untuk mendorong kepercayaan diri remaja di Kecamatan Kramatmulya
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27286Kata Kunci:
public speaking, storytelling, kepercayaan diriAbstrak
Kemampuan public speaking merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang sangat berperan dalam pembentukan kepercayaan diri remaja, terutama di tengah tantangan sosial emosional pada masa perkembangan identitas diri. Artikel ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan mendeskripsikan pelatihan public speaking berbasis storytelling sebagai strategi untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja di Kecamatan Kramatmulya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dalam tiga sesi pelatihan di SMPN 1 Kramatmulya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, praktik langsung, dan evaluasi reflektif peserta. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan storytelling efektif meningkatkan keberanian verbal, koherensi narasi, dan intensitas kontak mata siswa saat berbicara di depan umum. Temuan ini memperkuat konsep self-efficacy dalam pengembangan komunikasi interpersonal remaja dan memberikan kontribusi pada pengembangan metode pelatihan yang lebih afektif dan partisipatif di lingkungan sekolah. Kesimpulannya, storytelling sebagai metode pelatihan public speaking mampu menciptakan ruang aman dan ekspresif bagi remaja untuk membangun rasa percaya diri mereka. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang dan perluasan implementasi di berbagai konteks pendidikan.
Kata Kunci : public speaking, storytelling, kepercayaan diri
Referensi
Agustiana, V., Wulan Rahmatunisa, Endang Darsih, & Nida Amalia Asikin. (2022). Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling Di Desa Kalimanggis Wetan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 159–164. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i6.212
Azzahra, A., Suriyati, S., Suriati, S., & Mytra, P. (2023). Tingkatkan Percaya Diri Melalui Pelatihan Public Speaking Sejak Dini di SDN 48 Lappae. Jurnal Panrita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.47435/jcs.v2i1.2210
Barua, S. (2023). Digital Storytelling: Impact on Learner Engagement and Language Learning Outcomes. International Journal of Academic and Applied Research, 7(June), 25–39. www.ijeais.org/ijaar
Chan, C. (2019). Using digital storytelling to facilitate critical thinking disposition in youth civic engagement: A randomized control trial. Children and Youth Services Review, 107(July), 104522. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.104522
Darsih, E., Agie Hanggara, & Cucu Suhartini. (2023). Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Siswa Melalui Pembelajaran Public Speaking Pada SD Negeri 1 Desa Cipakem Kecamatan Maleber. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.223
Destrity, N. A., Wardasari, N., Rakhmawati, F. Y., & Alfira, N. (2024). Pelatihan Public Speaking untuk Meningkatkan Kemampuan Mengekspresikan Gagasan sebagai Aktualisasi Diri Siswa SMA di Kota Malang. 5(1), 43–53.
Fatmah, N., Anward, H. H., & Mayangsari, M. D. (2021). Efikasi Diri dan Kepercayaan Diri Mahasiswa PGSD terkait Kecemasan Berbicara di Depan umum. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v1i1.558
Handayani, F., Hidayanto, D. N., & Pratiwi, Y. S. (2024). Effectiveness Storytelling Technique Group Guidance Services to Improve Speaking Ethics in Class VII Students of State Junior High Schools 38 Samarinda Academic Year 2023 / 2024. 8(2), 2369–2375. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.
Herayati, Irawan, Y., & Ramdani. (2022). Pentingnya Bahasa Inggris untuk Anak-anak dan Remaja Nagari Limau Purut Tapan. 02(01), 20–24.
Karyadi, A. C. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 4(2), 11–20. https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i02.70
Labov, W., & Waletzky, J. (1997). Narrative analysis: Oral versions of personal experience.
Mashudi, T., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun Kepercayaan Diri Remaja Melalui Pelatihan Public Speaking Guna Menghadapi Era Industri 4.0. Abdi Psikonomi, 1, 79–78. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.214
Maulana, A. (2024). Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Operasional Formal. Al-Ahnaf: Journal of Islamic Education, Learning and Religious Studies, 1(1), 12–21. https://doi.org/10.61166/ahnaf.v1i1.7
Mehrabian, A. (2017). Nonverbal communication. Routledge.
Molo, A., Sole, V. J., Isavela, I. E., Satu, N., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., Katolik, U., Mandira, W., City, L., City, K., & Nusa, E. (2025). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Storytelling. 1.
Morreale, S., Rubin, R. B., & Jones, E. (1998). Speaking and listening competencies for college students. English, 26.
Nkanu, C. U., Asogwa, U. D., Bisong, A. E., Imoke, J. E., Effiong, A. A., Ekpo, E. E., Abam, O. G. T., Idaka, E. I., Kingsley, C. E., Monity, F. M., Akpo, F. A., Bessong, E. B., Ekpoto, D. F., & Adie, P. I. (2024). Effect of Digital Storytelling on Secondary School Students’ Self-Efficacy in Civic Education. International Journal of Information and Education Technology, 14(6), 883–889. https://doi.org/10.18178/ijiet.2024.14.6.2114
Oyinkanola, L. O. A., Aremu, O. A., Fajemiroye, J. A., & Makinde, S. O. (2023). On the physical significance and di-electric response of Castor oil processed in Nigeria as transformer insulating fluid. VIII(2454), 60–66. https://doi.org/10.51584/IJRIAS
Putri, I. S. R., & Tantiani, F. F. (2021). Peran Self-Efficacy pada Remaja dalam Menghadapi Stress Sekolah. Jurnal Sains Psikologi, 10(5), 1–8.
Rizzi, V., Pigeon, C., Rony, F., & Fort-Talabard, A. (2020). Designing a creative storytelling workshop to build self-confidence and trust among adolescents. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100704
Romaria, G. (2021). The Influence of Storytelling Method on the Public Speaking Communication Skills among the Students of Mercu Buana University Meruya West Jakarta. Asian Journal of Humanities and Social Studies, 9(4), 151–159. https://doi.org/10.24203/ajhss.v9i4.6709
Rusuli, I. (2022). Psikososial Remaja: Sebuah Sintesa Teori Erick Erikson Dengan Konsep Islam. Jurnal As-Salam, 6(1), 75–89. https://doi.org/10.37249/assalam.v6i1.384
S, S., Marini, & Irawadi, S. (2025). Pelatihan Public Speaking dan Ilmu Komunikasi Bagi Siswa Di SMP Negeri 4 Pangkalpinang. 4(1), 23–27.
Susyetina, A., Chriswiyati, E. P., & Lase, S. (2022). Pelatihan Public Speaking untuk Siswa SMA Budi Utama. Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 117–126. https://doi.org/10.24167/patria.v4i2.4080
Tasman, Sasmita, H., Fadriyanti, Y., Rachmadanur, N., & Amri, L. F. (2020). Peningkatan Self Efficacy Remaja Berisiko Menggunakan Terapi Psikoedukasi dengan Musik. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 92–101. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1515
Wael, A., & Hasanudin, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa melalui Teknik Storytelling di Medina English Club. Jurnal IImu Pendidikan, 9 (2)(2), 73–77.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).