PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBUATAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859Kata Kunci:
Training, Canva, Learning MediaAbstrak
Pembelajaran daring merupakan salah satu solusi dunia pendidikan untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar dalam kondisi pandemi sekarang ini. Namun, hal ini pun tidak datang tanpa tantangan, salah satunya adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar daring. Untuk meningkatkan motivasi siswa, maka diperlukan bahan ajar yang menarik perhatian siswa sehingga pembelajaran tidak akan membosankan. Canva merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat bahan ajar yang menarik. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam berkreasi untuk menciptakan bahan ajar menggunakan aplikasi canva. Adapun langkah-langkah kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian pada masyarakat ini meliputi beberapa tahapan, diantaranya: a) tahap analisis, b) tahap perancangan, c) tahap pengembangan konten d) tahap pelatihan, dan e) tahap evaluasi.
Referensi
Aji, W. N. dan D. B. P. S. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Jurnal Metafora. Vol. VI (2), 147–157.
Amna Emda, “Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran,†Lantanida Journal 5, no. 2 (2018): 181.
Cahyani, A, dkk. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3 No 1.
Canva. (n.d.). Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/
Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN. Vol. 2(1), 95–105.
Muijs & Reynolds. (2008). Effective Teaching: Evidence and Practice. London: Sage Publications.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/MA. Jurnal Sasindo Unpam. Vol 8 No 2.
Suhery, Trimardi Jaya Putra, dkk. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 1 No 3.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7 No 2.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).