PROGRAM PENGENALAN APLIKASI MICROSOFT WORD DAN MICROSOFT POWER POINT DI MADRASAH DINIYYAH JAMIYATUL WILDAN DESA PRUWATAN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i2.8557Kata Kunci:
Computer, Microsoft Word, Microsoft Power Point, Digital Age, EducationAbstrak
Selama kegiatan KKN-DR di Desa Pruwatan, tim pengabdi menemukan beberapa masalah salah satunya adalah masih banyak anak-anak yang belum mengenal cara pengaplikasian komputer dalam proses pembelajaran. Untuk itu, tim pengabdian masyarakat melakukan kegiatan berupa pelatihan dasar aplikasi komputer sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan aplikasi komputer untuk anak-anak Madrasah Diniyyah Jamiyatul Wildan Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengalaman serta pemahaman dan pendampingan kepada anak-anak madrasah diniyyah dalam pelatihan Microsoft word dan Midrosoft Power Point. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pelatihan ini berupa ceramah, praktek kemudian Tanya jawab. Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah meningkatnya kualitas pengetahuan anak terkait aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan mereka dalam mengerjakan tugas sekolah berbasis komputer. Kegiatan ini mendapat respon yang baik dari berbagai pihak khususnya anak-anak, mereka merasa senang dengan adanya pelatihan ini karena dianggap sangat membantu mereka dalam menyelesaikan tugas sekolah berbasis komputer. Dari kegiatan ini dapat tim pengabdi simpulkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mengaplikasikan komputer.
Kata Kunci: Komputer, Microsoft Word, Microsoft Power Point, Era Digital. Pendidikan
Referensi
Deanna, Durbin Hutagalung, dkk. (2022). Pengenalan aplikasi komputer kepada siswa/i di Pondok Pesantren Modern Assalam. Jamaika Vol. 3, No.1.
Ilham, Efendi. (2017). Manfaat komputer dalam dunia pendidikan. Diunduh 12 April 2022 pada https://www.it-jurnal.com.
Maryatun. (2015). Pengaruh penggunaan media program microsoft power point terhadap hasil belajar strategi promosi pemasaran mahasiswa semester 2 progran studi pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3(1): 1-14.
Miftakhul, Muthoharoh. (2019). Media Powerpoint dalam Pembelajaran. Jurnal Tasyri’. Vol. 26, No. 1. Hal 69
Republikseo. 9 Agustus (2020). Pengertian Microsoft Word, Sejarah & Fungsinya. https://republikseo.net. Diakses paada tanggal 15 Agustus 2021, pukul 08.50 WIB.
Rika, Ariyani. (2021). Microsoft powerpoint (Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, serta Cara Menggunakannya). https://www.rikaariyani.com. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2021, pukul 10.15 WIB
Sari, R., A. Fitriyani dan R. D. Prabandari. (2020). Optimalisasi penggunaan ms. word dan ms. excel pada siswa SMP PGRI Astra Insani Bekasi. Jurnal ABDIMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat) 3(2); 95-104.
Syahrul. (2017). Peranan komputer dalam bidang pendidikan. Diakses dari syahrulstkip@https://ilearning.me/.
Theofilus, Bayu D. (2017). Pelatihan aplikasi komputer (Aplikom) microsoft office dan pengenalan manajemen proyek untuk mengembangkan wawasan dan kemampuan berorganisasi pemuda remaja gereja Kristen Jawa Dayu (GDJ Dayu). Universitas PGRI Yogyakarta.
Warsito, Bambang. (2014). KB 3 landasan teori dan teknologi informasi. Jakarta. Pustekkom, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).